Ini Spesifikasi Lengkap Motor Sport YZF-R15

Yamaha YZF-R15
Sumber :
  • Sandy Adam Mahaputra/VIVAnews
VIVAnews -
Penyebaran Narkoba Jenis Fentanil Jadi Ancaman Global
Yamaha YZF-R15 diklaim memiliki beberapa keunggulan di kelasnya yang tidak dimiliki kompetitor. Mulai dari desain sampai performa.

ASN dari 25 Instansi Sudah Siap Pindah ke IKN

"Model yang pasarkan ini merupakan versi paling anyar dari model R15 version 2.0," kata Eko Prabowo, GM Marketing Communication & Community Development Yamaha Indonesia, Rabu 23 April 2014.
Jelang Satgas RAFI, Dirut Pertamina Patra Niaga Gerak Cepat Cek Kesiapan Layanan Avtur di Lapangan


Desain R15 merepresentasikan DNA R-Series yang tampil sebagai motor super sport sejati. Desainnya itu meliputi full fairing, lampu depan ganda, speedometer, lampu belakang, key shutter, split seater, cover knalpot.

Tampilan lampu utama ganda tajam (dual furious headlight), bodi belakang runcing dan tajam, fairing aerodinamis kekar serta pengendalian yang mantap.

Lampu depan ganda R15 sudah mengadopsi fitur AHO (Automatic Headlamp On) di sisi kiri dan lampu jauh di sisi kanan. Lampu belakangnya terinspirasi R6 dengan desain meruncing dan menggunakan lampu berteknologi LED.

R15 menggunakan split seater atau model jok terpisah dengan bahan jok anti slip seperti moge sport kelas dunia. Dilengkapi pula tempat penyimpanan tools di bawah jok. R15 memiliki fairing dual-layer yang dinamis dan aerodinamis, dilengkapi lubang sirkulasi udara agar suhu mesin tetap terjaga.


Speedometer menggabungkan instrumen digital dan analog serta multifungsi karena tersedia beragam indikator lengkap serta mudah terlihat.


Kunci utamanya dilengkapi key shutter (penutup lubang kunci) dan anak kunci model laser cut menjamin keamanan maksimal saat diparkir.


Cover knalpot menggunakan aksen karbon karbon, tertanam emblem bertuliskan R15 dengan bahan berkualitas tinggi.


Handling
R15 dipersenjatai rangka delta box, velg & ban, sumbu roda, posisi berkendara, alumunium rear arm, suspensi monocross, double disc brake, dan stang racing.


Delta box R15 juga digunakan pada R1 dan R6. Konstruksi delta box kuat dan kokoh serta mengadopsi teknologi MotoGP Yamaha, sehingga membuat pengendalian mantap dan stabil saat kecepatan tinggi.


Rancangan velg model palang lima berdimensi lebar, kuat dan ringan, dibalut ban tubeless. Ban ekstra lebar, bagian belakang ukuran 130/70 dengan lebar velg 3,5 inci diklaim membuat daya cengkram ke aspal lebih sempurna dan stabil.


Jarak sumbu rodanya yang panjang menjadikan pengendalian lebih stabil saat berkendara dan saat menikung dengan cepat.


Rear arm R15 berbahan alumunium, merupakan yang pertama dan satu-satunya pada motor sport di Indonesia. Ini seperti yang digunakan di MotoGP.


Pengendara kata Yamaha dapat merasakan sensasi naik motor super sport saat mengendarai R15. Ini didukung desainnya berkonsep bodi depan merendah, bodi belakang meninggi dan tinggi jok pengendara 800 mm.


Performa
Mesin R15 berkapasitas 150 cc, 6 percepatan, berpendingin cairan, 4 katup, juga unggul untuk speed sensor, radiator, O2 sensor, ECU (Electronic Control Unit), berteknologi DiASil Cylinder, forged piston, Fuel Injection dan low friction technology.


Spesifikasi ini membuat R15 punya akselerasi lebih cepat namun tetap hemat bahan bakar, sehingga ideal untuk berkendara sehari-hari.


Spesifikasi R15

Tipe mesin                    : 150 cc, Liquid Cooled, 4-Langkah, SOHC, Single Cylinder, 4 valve, Fuel Injection


Panjang x Lebar x Tinggi : 1975 mm x 660 mm x 1070 mm


Daya maksimum            : 16,59 PS (12,2 kW) / 8.500 rpm


Torsi maksimum             : 14,5 Nm / 7.500 rpm

 

Berat Kosong                  : 136 kg


Kapasitas Tangki            : 12 Liter


Tipe Rangka                  : Deltabox


Tipe Transmisi               : Manual, 6-percepatan


Ban Depan & Belakang    : 90/80-17M/C 46P & 130/70-17M/C 62S


Rem Depan & Belakang   : Cakram 267mm & Cakram 220mm


Suspensi Depan              : Telescopic Fork

 

Suspensi Belakang          : Link Suspension, Monocross
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya