Ini Penyebab Mobil Warna Putih Jadi Terpopuler

Menyusuri jalanan Gangnam di Korea Selatan
Sumber :
  • REUTERS/ Lee Jae-Won
VIVAnews
PKS Komitmen Bangun Indonesia bersama NasDem dan PKB hingga Sakaratul Maut
- Keberhasilan Apple mem-
branding
Suku Bunga BI Naik Diproyeksi Topang Penguatan IHSG, Cek Saham-saham Berpotensi Cuan
produk iPhone dengan karekter warna putih menular ke industri otomotif. Adopsi warna putih pada mobil kini menjadi tren baru, seperti halnya warna putih pada iPhone.
Alasan PDIP Absen saat Penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wapres Terpilih

Hasilnya juga mengagumkan, warna mobil putih mampu menggeser warna dominan silver yang telah populer selama satu dekade lalu. Tren warna putih ini disebutkan sebagai Apple Effect
.


Melansir
Daily Mail
, Senin 7 April 2014, angka penjualan dari Society of Motor Manufacturers and Traders (SMMT), Inggris menyebutkan pada dekade lalu, lebih dari sepertiga atau 36 persen mobil yang terjual adalah warna silver.


Namun kondisi itu berbalik. Bulan lalu, mobil dengan kelir putih menjadi penjualan terbesar, dengan mencetak 22 persen pada mobil baru. Sedangkan warna silver jatuh pada posisi 13 persen, bersaing ketat dengan mobil warna biru.


Ironisnya, warna silver digeser oleh mobil warna hitam dengan angka penjualan mencapai 19 persen. Menjadikan mobil warna umum itu bertengger di posisi kedua. Tempat ketiga yakni mobil warna abu-abu dengan raihan 14 persen.


Warna mencolok merah yang pernah menjadi warna favorit kini merosok dengan mendapatkan 9 persen saja dari total penjualan.


Menurut peneliti harga mobil, CAP Automotive, tren
Apple effect
itu memang menjadi pertimbangan pembeli. Peneliti menemukan mobil putih memiliki lebih bernilai 5 persen dari rata-rata jenis mobil bekas di pasaran.


Disebutkan angka penjualan mobil bulanan telah meningkat pada level tertinggi selama satu dekade pada Maret ini. Bahkan dibandingkan periode yang sama tahun lalu, penjualan mengalami kenaikan 18 persen.


Selain adanya
Apple effect
, kenaikan penjualan juga didorong oleh suku bunga rendah, transaksi keuangan yang kompetitif dan lainnya.


Penjualan mobil van putih kecil yang terkenal menjadi andalan di Inggris juga melonjak.


Catatan menunjukkan sebanyak 464.824 mobil baru terdaftar pada Maret lalu, melebihi catatan pada satu dekade lalu, di mana mobil terdaftar pada periode yang sama 466.954 mobil.


"Orang-orang merasa lebih percaya diri dan memutuskan untuk membeli mobil baru dengan warna paling populer (putih)," jelas jubir SMMT.


Untuk jenis model terlaris pada bulan Maret lalu yaitu Ford Fiesta, Ford Focus,  Vauxhall Corsa, Volkswagen Golf, Vauxhall Astra, Nissan Qashqai, Volkswagen Polo, Fiat 500, BMW 3 Series dan Toyota Yaris.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya