Petualangan Motor Sport India Libas Medan Sulit Kalimantan

Round The Borneo
Sumber :
  • Dokumentasi PT TVS Motor Company Indonesia (TMCI)

VIVAnews - PT TVS Motor Company Indonesia (TMCI), selaku agen pemegang merek TVS di Tanah Air ingin membuktikan jika produknya tak kalah saing dengan motor Jepang, yang notabene mendominasi pasar.

TMCI melakukan pembuktian dengan cara menggunakan empat unit TVS Apache 180cc menaklukan ganasnya hutan Kalimantan.

Dalam acara bertemakan Round The Borneo (RTB), tim RTB memulai start dari main dealer TVS Dewi Sartika, Jakarta Timur, melaju menggunakan rute Pantai Utara Jawa menuju Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, yang akhirnya berlabuh di Pelabuhan Trisakti, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Memasuki Kalimantan Selatan, Tim RTB disambut dealer TVS Banjar dan perjalan kembali dimulai. Meski memiliki jalanan dengan kontur perbukitan yang memiliki elevasi tinggi, rupanya tak menjadi masalah bagi TVS Apache 180.

Menurut TMCI, jantung pacu motor asal India sangat mumpuni alias bandel. Apache 180 mengusung mesin 4 tak berkapasitas 177,4cc yang mampu menyemburkan tenaga 17,03 hp pada 8.500 rpm serta torsi 15,5 Nm di 6.500 rpm.

Dalam acara ini, TMCI juga menjajal kemampuan TVS Apache 180 pada sektor kaki-kaki. Hasilnya kestabilan motor juga cukup aman.

"Tak hanya itu, jalanan Kalimantan juga sesekali mempertemukan dengan sungai kecil ditambah kondisi jembatan rusak dilalui tanpa kendala yang berarti. Sebab, TVS Apache 180 juga pernah digunakan dalam ekspedisi 7 Danau Sumatera," kata Andry Berlianto selaku Road Captain RTB project dalam keterangan tertulis hari ini.

Andry mengklaim suspensi TVS sangat kuat, karena mampu melahap jalur berbatu sepanjang 429 km non stop. "Ini seperti uji Bump Test di pabrik kami" imbuhnya.

Momen Bersejarah, Al Quran Berbahasa Gayo Hadir Memperkuat Identitas dan Budaya Aceh

Dengan menempuh jarak 10.426 km, kata dia, mengukuhkan TVS Apache sebagai "The Best Motor Sport For Adventure". Motor ini menjadi pilihan bijak bagi para petualang. (asp)

Koordinator Nasional Relawan Indonesia Bersatu Lisman Hasibuan

Pilkada Serentak 2024 Diusulkan Ditunda, Ini Sejumlah Pertimbangannya

Pilkada serentak 2024 yakni pemilihan gubernur, bupati dan wali kota sesuai jadwal akan digelar November 2024.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024