Ini Pemicu Mobil Mudah Terbakar

Mobil Terbakar di Tol JORR Simatupang
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVAnews
Alasan Sedan Listrik BMW i5 Belum Memiliki Harga
- Sering kali kita mendengar sebuah mobil tiba-tiba terbakar saat melaju di jalan. Alhasil, mobil langsung ludes dilalap si jago merah.

Rumah Dekat Asrama Brimob di Slipi Dilahap Si Jago Merah, 17 Mobil Pemadam Dikerahkan

Bahkan peristiwa ini juga sering terjadi pada mobil mewah sekalipun. Aktor dalam film Fast to Farious, Paul Walker, salah satunya. Dia bersama rekannya mengalami kecelakaan dan terbakar saat mengendarai supercar di California, Amerika Serikat.
TNI Pasti Profesional Tangani Kasus Oknum Diduga Aniaya Anggota KKB Papua


Menurut Aji Prima, Instruktur Service Trainning Departemen Astra Daihatsu Motor, ada banyak faktor yang menimbulkan kebakaran pada kendaraan baik itu datang dari internal ataupun eksternal. Adapun unsur pembentuk dari api ada tiga, yaitu oksigen, panas, dan bahan bakar.


Aji mengatakan jika ketiga unsur pembentuk api bergabung pada sebuah kendaraan, yang di dalamnya terdapat berbagai jenis sumber panas atau api dan berbagai bahan mudah terbakar.


Untuk pemicu api pada kendaraan meliputi unsur internal antara lain hubungan arus pendek, di mana short atau hubungan arus pendek adalah sebuah hubungan listrik dengan tahanan listrik sangat kecil, sehingga arus listrik sangat besar akan mengalir.


Adapun unsur pemicu api ini juga disebabkan kabel digigit tikus, kabel terjepit atau isolator yang robek, penyambungan tanpa isolator, penyambungan salah, serta
protector
kabel rusak karena panas.


"Contohnya pemasangan tambahan klakson, di mana kabel melewati radiator atau daerah-daerah panas," kata Aji.


Tidak hanya itu, penggunaan kabel yang tidak sesuai, juga dapat menimbulkan panas. Hal ini menjadi salah satu efek yang dibangkitkan oleh aliran listrik, saat sejumlah arus melewati sebuah konduktor maka sejumlah panas akan dihasilkan.


Unsur pemicu kebakaran ini juga diakibatkan kabel meleleh, faktornya seperti kelebihan arus dan beban, pemasangan
subwoofer
daya besar namun menggunakan kabel kecil.


"Pemasangan kabel tidak standar (termasuk modifikasi), penggunaan soket kabel longgar, gesekan dua buah benda padat, panas manifold, serta adanya loncatan percikan api," tambah Aji.


Sedangkan untuk unsur eksternal disebabkan karena puntung rokok yang masih menyala, plastik menempel pada
exhaust manifold
, serta parkir di atas rumput yang kering kondisi cuaca terik. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya