Lukisan Mercy Jadul Berharga Rp173 Miliar

Lukisan Mercedes-Benz W196 R Grand Prix Car
Sumber :
  • Carscoop
VIVAnews
PSSI Buka Suara soal Dugaan Pengaturan Skor Bhayangkara FC Vs Persik
– Pada dasarnya, mobil klasik buatan Jerman, seperti Mercedes-Benz, jika dijual memiliki harga sangat tinggi. Hal itu ternyata menular pada sebuah karya seni yang menggambarkan mobil Mercy jadul, Mercedes-Benz W196 R.

Polisi Periksa 21 Saksi Terkait Kasus TPPU yang Jerat Ahli Nuklir UGM

Mercedes-Benz W196 R merupakan mobil legendaris yang pernah ikut andil dalam ajang balap Grand Prix. Di masanya mobil ini dikendarai mantan pembalap Formula 1 yang terkenal, Juan Manuel Fangio.
Ketua DPRD Jambi Hadiri Akad Nikah Pernikahan Putri Sulung Gubernur Al Haris


Dilansir
Carscoop
, Selasa 29 Oktober 2013, lukisan mobil diperkirakan akan terjual mulai US12 juta atau Rp133 miliar sampai US$16 juta atau sekitar Rp177 miliar.


Rencananya penjualan lukisan akan dilelang di Christie, New York, Amerika Serikat, pada 12 November 2013. Lukisan ini cukup mahal melebih harga sebuah mobil pada umumnya. Namun, harga asli mobil ini juga fantastis, sekitar US$29,65 juta (Rp338 miliar).


Yang membuat mahal, ternyata karya seni ini dibuat seorang seniman asal Amerika, Andy Warhol.


Untuk melukisnya, Warhol menggunakan tinta
silkscreen polimer
sintetik, di atas kanvas berukuran; 160,5x180 inci (4,076x4,575 mm)


Dengan judul "Mercedes-Benz W196 R Grand Prix Car (Streamlined Version, 1954)", lukisan ini memiliki gaya yang sama dengan lukisan bergambar artis terkenal asal Hollywood, Marlyn Monroe.


Warhol sempat berkerja sama dengan Mercedes-Benz, melukis serangkaian produk Mercy dalam rangka menyambut hari ulang tahun Mercy ke 100 tahun.


Warhol ditugaskan membuat 80 karya seni yang terinspirasi dari 20 unit model Mercedes. Tapi takdir berkata lain, pada 1987 beliau wafat, dan meninggalkan proyek yang belum selesai. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya