Ini Kehebatan Mobil Limusin Presiden Obama

Tidak hanya satu, pemerintah AS membuat selusin The Beast.

Selasa, 22 Oktober 2013, 11:04 Sandy Adam Mahaputra
Limusin kepresidenan AS, biasa dikenal The Beast
Limusin kepresidenan AS, biasa dikenal The Beast (Autoweek)
VIVAnews - Sosok limusin kepresidenan Amerika Serikat atau biasa dikenal The Beast memang penuh rahasia. Pemerintah di negeri Paman Sam itu sengaja tidak pernah membeberkan secara detail spesifikasi dari tunggangan tersebut.

Maklum "bungker berjalan" itu menjadi tameng terakhir orang nomor satu di AS dari serangan bahaya musuh, jika melakukan kunjungan di dalam maupun luar negeri

Berdasarkan laporan Autoweek, Selasa 22 Oktober 2013, tidak hanya satu, pemerintah AS membuat selusin The Beast dengan harga melebihi US$1 juta per unit.

Mobil dioperasikan bersama seorang mekanik personal, agen federal dengan rompi anti peluru dan alat elektronik diagnosa.

Meskipun memiliki beberapa kemiripan dengan Cadillac, limusin kepresidenan hampir seluruhnya berbeda. Mobil itu dibeli langsung ke produsen lalu dimodifikasi oleh Secret Service bersama pabrikan produk aftermarket super rahasia.

"Mobil ini bisa saja dikatakan Cadillac, tapi hanya sedikit yang masih Cadillac," kata salah satu agen di Secret Service.
 
Dia menjelaskan, limusin itu dibangun di R&D arm of General Motors di Detroit. "Mobil ini sebenarnya sebuah truk yang terlihat seperti Limo, dan dikemudikan seperti Limo juga," imbuh si agen.

Tangki bahan bakar The Beast dilapis baja dan dibungkus dalam busa khusus untuk perlindungan terhadap pecah jika terjadi kecelakaan atau serangan tembakan kecil.

Sistem kunci dibuat sangat khusus, begitu juga untuk pemadaman api di kabin. Bobot The Beast cukup berat, karena baja yang melapisi bodinya sangat tebal. Saking pintu terlalu tebal, hampir tidak mungkin dibuka Presiden dari dalam.

Limusin itu juga dilengkapi suspensi anti tembak dan berjalan di atas ban berbahan kevlar milik Goodyear--bisa tetap berjalan walaupun tanpa udara. Tak ketinggalan kamera night-vision di bagian gril depan, digunakan jika padangan kaca depan mobil terhalang.

Beralih ke interior, mobil dirancang seperti ruangan karantina untuk mencegah serangan kimia. Terdapat fasilitas telepon satelit dan sistem komunikasi video interaktif, sehingga Presiden dapat berkordinasi dengan para pejabat di instansi negara, terutama Pentagon.

Di bagian bagasi terdapat senjata tambahan, kemudian oksigen ekstra di bawah jok Presiden plus peralatan medis, termasuk kantung darah sesuai golongan darah Presiden.

Untuk dapur pacunya, The Beast tidak menggunakan mesin diesel, melainkan bensin tipe V8.

Setiap agen Secret Service yang bertugas mengemudikan The Beast bersama Presiden, harus mengikuti pelatihan defensive-driving di sirkuit khusus akademi Secret Service, Beltsville, selama beberapa pekan.

Mereka berlatih bermanuver seperti mengelak, menikung dengan kecepatan tinggi dan presisi mengemudi. "Kami harus bisa menangani semua situasi dengan cukup baik, meski bobot mobil cukup berat," kata salah satu agen. Untuk pelatihan tambahan, lembaga itu menggunakan mobil Chargers, Camaro dan Mustang.

The Beast tidak seperti mobil-mobil James Bond 007. Jadi Anda tidak akan menemukan peluncur rudal, granat atau apapun senjata yang ditanam di dalam mobil, termasuk kursi pelontar. (eh)


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com