Ertiga Bakal Punya Tipe Diesel, Diproduksi di Cikarang?

Mobil Keluarga Murah di IIMS 2013
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews - Larisnya penjualan Ertiga, ternyata tidak menyurutkan Suzuki Indomobil Sales (SIS) untuk menghadirkan varian baru, yakni Ertiga diesel.
Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Meski kabar keberadaan Ertiga Diesel telah lama, namun Direktur Marketing PT Indomobil Suzuki Sales Davy Tulian menjelaskan konsumen yang menginginkan mobil bermesin diesel harus bersabar.
Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia

"Karena untuk memenuhi permintaan pasar akan mesin bensin saja sudah repot. Kapasitas pabrik kita masih terbatas," ujar Davy di JIExpo, Kemayoran Jakarta, Jumat malam 26 September 2013.
Jokowi Yakin Indonesia Bisa Dapat 61 Persen Saham Freeport Indonesia, Meski Alot Negosiasinya

Oleh karena itu, kata Davy, saat ini produksi untuk mesin diesel belum memadai alias tidak cukup. "Kalau sekarang kita maksa untuk produksi Ertiga diesel, kita harus investasi pabrik lagi, suku cadang, after sales dan serta yang lainnya," ujarnya.

"Kalau dipaksakan ada penambahan volume, maka kita harus potong produksi yang bensin untuk dialihkan ke diesel," imbuh dia.

Rencananya jika Ertiga diesel benar akan diluncurkan di Indonesia, setidaknya Suzuki kini sedang menunggu pabrik baru beroperasi. 

"Kalau pabrik baru beroperasi, kapasitas kita bertambah, ada ruang untuk memproduksi diesel. Sekitar awal 2015 pabrik kami mulai beroperasi," tutupnya.

Suzuki diketahui sedang membangun pabrik barunya di kawasan Greenland International Industrial Center (GIIC), Cikarang, Jawa Barat, seluas 135 hektare dengan melakukan investasi sebesar Rp10 triliun. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya