Pakai Mobil Gas Tak Lagi Cemas Tabung Meledak

Autogas Indonesia luncurkan tabung gas berbahan komposit karbon
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Mahaputra

VIVAnews - Kekhawatiran konsumen menggunakan bahan bakar gas untuk mobil lantaran tabung berpotensi meledak, coba dijawab oleh Autogas Indonesia, sebagai distributor konventer kit gas.

10 Drama Korea Baru di Tahun 2024 yang Bisa Ditonton saat Libur Lebaran

Di ajang Indonesia International Motor Show 2013, mereka memperkenalkan inovasi terbaru, tabung gas berbahan komposit karbon yang diklaim anti meledak.

Direktur Autogas Indonesia, Thomas Nurhakim, mengatakan, tabung yang ditawarkan tidak mudah korosi, karena tidak mengandung metal. Selain itu, bobotnya lebih ringan dibanding tabung berbahan besi.

Gubernur Laporkan Informasi Semua Kejadian Bencana di Sumbar kepada Presiden

Dia menjelaskan, tabung tipe 4 (T4) memiliki dua pilihan, yakni untuk CNG dan Vigas. "Bobot untuk tabung ukuran 38 liter hanya 10,4 kg, bandingkan dengan tabung besi dengan ukuran yang sama, bobotnya bisa mencapai lebih dari 40 kg. Jelas jauh lebih ringan," ujarnya.

Menurut dia, penyebab tabung meledak karena terjadi korosi, sehingga tidak kuat menerima tekanan. Dengan tabung T4 yang berbahan komposit karbon, maka tidak mengandung metal, sehingga bebas korosi dan anti meledak.

Religion Ministry Sets the 2024 Eid al-Fitr on April 10

Mengenai harga, memang lebih mahal dibanding tabung berbahan metal. Tabung komposit karbon termasuk konventer kit dan pemasangan (satu paket) dihargai Rp22 juta untuk CNG, dan Rp14 juta bagi Vigas. Namun, selama pameran IIMS 2013, mereka memberikan diskon Rp1 juta, plus garansi selama satu tahun.

Tabung komposit karbon bisa digunakan untuk tipe dan jenis mobil apa pun. Adapun jaringan servis saat ini tersedia di Karawaci, BSD, Palembang, Surabaya, dan menyusul di Bali. (art)

Kecelakaan di KM 58 Tol Jakarta-Cikampek

Terpopuler: Identitas Pemilik Gran Max Maut, Mobil Terlaris 3 Bulan Berturut-turut

Berita yang membahas tentang identitas pemilik Gran Max maut dan mobil terlaris 3 bulan berturut-turut, banyak sekali dibaca hingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024