OTOMOTIF

SPG Truk: Panas, Tapi Hasilnya Bikin Puas

Tetap tersenyum meski banyak pengujung yang jahil.
Senin, 23 September 2013
Oleh : Sandy Adam Mahaputra, Herdi Muhardi
SPG Truk di IIMS 2013

VIVAnews - Perhelatan Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2013 kembali digelar. Para produsen mobil serta pendukungnya mulai dari ban, aksesoris audio-visual, hingga pelumas juga hadir di hajatan otomotif terbesar Tanah Air.

Namun yang tidak kalah menarik dan selalu menjadi sorotan adalah kehadiran Sales Promotion Girl (SPG). Paras cantik dengan balutan pakaian yang serba seksi dan minim menjadi sorotan mata para pengunjung, terutama kaum adam.

Tapi di balik itu semua, para SPG dituntut untuk mengetahui produk yang dijualnya, tetap tersenyum meski banyak pengujung yang jahil mulai dari mengajak kenalan hingga meminta nomor telepon. Yang tak kalah berat adalah SPG yang bertugas di kendaraan berat seperti, truk terlebih mereka menempati ruang pamer di luar (outdoor).

"Resikonya kalau di luar ya panas. Tapi enaknya jarang pengunjung yang jahil kaya om-om genit gitu," ungkap Marcela, SPG Truk Man kepada VIVAnews, Minggu 22 September 2013.

Gadis kelahiran 28 November 1986 ini mengaku tidak malu atau minder ketika harus menjadi SPG dari produk truk. Sebab, dari segi salary tidak berbeda dengan SPG dari produk mobil sport. "Yah cuma resiko kalau jaga di luar, harus pakai payung, belum lagi pakai baju hitam plus sepatu hak tinggi," keluh Marcela yang sudah lima tahun menjadi SPG.

Namun semua itu terbayar dengan salary yang didapatkannya. Bahkan, kalau di truk dia mengaku suka mendapatkan banyak bonus tambahan. "Panas, tapi hasilnya bikin puas," ujarnya tersenyum.

Hal senada juga diungkap Sherli Cahyana (20) dan Novi Yulianti (21). Meski tubuh keduanya yang ramping seakan tenggelam dengan sosok besar truk yang ditawarkan, mereka tetap merasa senang dan nyaman.

"Meski di truk panas, tapi kalau di luar ruangan sedikit bebas bisa sambil ngobrol," kata keduanya yang kini masih berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta.

"Tapi takut juga sih kalau jaga di luar terus, takut hitamnya belang," kata Novi menambahkan.

Mengenai bayaran, biasanya para SPG Truk ini setiap 6 jam kerja, dibayar Rp700 ribu-Rp1 juta. Seperti diketahui, terdapat beberapa merek mobil niaga dan kendaraan berat jenis truk yang ikut serta di ajang IIMS 2013, adalah Astra Multi Trucks, Faw, Hino, Isuzu, Man Trucks, Foton, Mercedes-Benz Truck, Mitsubishi Fuso, Toyota Dyna, dan Tata Motors.

 

SPG Truk di IIMS 2013

 

SPG Truk di IIMS 2013

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found