Peminat Agya-Ayla Membeludak, Kuota Jakarta Cuma 10 Persen

Sumber :
  • Dokumentasi TAM
VIVAnews
Caleg Demokrat Fathi Lolos ke Senayan Bareng Melly Goeslaw dari Dapil Jabar I
- Antusiasme peminat mobil murah dan ramah lingkungan besutan Toyota, Agya, tergolong tinggi. Dalam lima hari sejak peluncuran, dilaporkan telah terdapat pemesanan mencapai 7.000 unit.

Daftar Harga Motor Vespa per Maret 2024

Namun, Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor, Johnny Darmawan, menegaskan, meski respons pasar tergolong positif, tapi ia tidak akan melayani melebihi kapasitas produksi mobil murah itu.
Thailand Prime Minister Welcomes Albino Buffalo to Government House


Ia menampik bila agen pemegang merek menargetkan ratusan ribu unit penjualan Agya dan Ayla.


"Ini agar tidak jadi polemik. Sampai akhir tahun ini, yang bisa diproduksi hanya 30.000 unit," jelas Johnny di booth Toyota, IIMS 2013, JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis 19 September 2013.


Johnny menambahkan, dari total produksi itu, si kembar Toyota Agya maupun Daihatsu Ayla, yang masuk ke Jakarta hanya sedikit. Pihak agen pemegang merek tidak akan mendistribusikan mobil murah ini di ibu kota saja.


"Kuota Jakarta itu hanya 10 persen. Sebab kuota 30 persen itu lima wilayah, yakni Jabodetabek. Jadi, yang masuk ke Jakarta itu paling 2-3 ribu unit saja, bisa juga di bawah itu," ujarnya.


Lebih lanjut, dia tidak memungkiri bila nantinya mobil murah akan menambah kemacetan di Jakarta. Tapi, menurut dia, pemerintah pusat tidak tinggal diam dengan permasalahan tersebut.


"Bapak Wapres sudah sampaikan sikap yang jelas. Otomotif tidak bisa dimatikan, tapi solusi transportasi publik juga segera dilakukan. Tapi, jangan terapkan ERP jika belum ada pembenahan transportasi di Jalan Sudirman," katanya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya