Buka IIMS 2013, Wapres Boediono Jawab Kontroversi Mobil Murah

Tata Nano dipamerkan di IIMS 2012.
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Adam Mahaputra
VIVAnews
BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya
- Wakil Presiden Boediono resmi membuka ajang otomotif tahunan Indonesia International Motor Show (IIMS) ke-21 2013 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis 19 September 2013.

Mobil Listrik Vinfast Pakai Sistem Sewa Baterai, Segini Biayanya

Dalam kesempatan itu, Boediono menjawab keresahan Pemprov DKI Jakarta atas dampak mobil murah terhadap kemacetan ibukota.
Dominasi Skuad Timnas U-23 di Piala Asia, Menpora Dito Akan Terus Maksimalkan PPLP dan SKO


"Intinya pemerintah pusat tak akan lepas tangan mengatasi masalah DKI termasuk kemacetan, banjir perumahan. Kita siap karena ini jendela negara kita," ujar Boediono dalam sambutannya.


Ia tidak memungkiri bila kebijakan mobil murah bisa menimbulkan kekhawatiran bagi kemacetan Jakarta, tapi menurut Boediono solusinya bukan melarang orang membeli mobil murah.


"Pandangan saya solusinya adalah meningkatkan secepat mungkin secara bersama transportasi publik. Tak perlu hambat orang beli mobil, tapi kita biayai kalau mereka masuk jalur Jakarta. Jadi ERP segera kita laksanakan," kata dia.


Mantan Gubernur BI itu berpendapat tidak elok jika melarang pengembangan industri otomotif, pasalnya industri ini merupakan tulang punggung industrialisasi. Ia sepakat bila distribusi mobil murah tak menumpuk di kota-kota besar saja.


"Karena industri otomotif masih dibutuhkan di daerah-daerah. Coba cari masalah ini tanpa korbankan tulang punggung industri kita," katanya.


Boediono juga menegaskan bahwa pemerintah pusat berkomitmen untuk menjaga sinergi dengan Pemprov DKI. "Kita sudah lakukan kesepakatan yangg bisa dilakukan bersama dengan pemerintah pusat," ujarnya. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya