Seberapa Kencang Sedan Lancer Maut Dul "Ahmad Dhani"

Tenaga mobil ini sangat bervariasi tergantung pasar yang dituju.

Minggu, 8 September 2013, 21:08 Sandy Adam Mahaputra
Jurnalis mengambil gambar mobil Mitsubishi Lancer B 80 SAL
Jurnalis mengambil gambar mobil Mitsubishi Lancer B 80 SAL (ANTARA/Widodo S. Jusuf)

VIVAnews - Ahmad Abdul Qadir Jaelani alias Dul terlibat kecelakaan lalulintas dini hari tadi di KM 8 Tol Jagorawi. Putra bungsu dari musisi kondang Ahmad Dhani saat itu mengendarai Mitsubishi Lancer bernomor polisi B 80 SAL.

Sedan yang dikemudikan Dul bersama temannya tiba-tiba "terbang" ke jalur berlawanan, dan menabrak mobil nahas Daihatsu Grand Max B 1349 TEN dan Toyota Avanza B 1882 UZJ. Akibat insiden itu enam orang dilaporkan tewas. Dul diduga kehilangan kendali karena kurang konsentrasi.

Mobil yang dikemudikan bocah 13 tahun ini memang dikenal punya tenaga besar hingga bisa melesat kencang. Meski belum diketahui pasti tipe dan tahun lansirannya secara spesifik, mobil Lancer Evo milik Dul memiliki mesin 2000cc.

Jika melihat dari tampang mobil Lancer yang pernah dipamerkan di Twitter oleh kakak Dul sebelum kecelakaan, mobil berkelir hitam itu adalah Lancer Evolution X.  Sebagai generasi kesepuluh, Lancer ini dibekali mesin baru 4B11T 2.0L turbocharged, all-aluminium inline-4 engine. 

Tenaga mobil ini sangat bervariasi tergantung pasar yang dituju, tapi tenaga minimal untuk Lancer Evolution X ini adalah 280 hp dan maksimal 295 hp. Dengan tenaga yang dimiliki, sedan tersebut dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam di bawah lima detik, sebelum mencapai kecepatan puncak 265 km/jam.

Karena mobil itu sangat kencang, Mitsubishi pun melengkapinya dengan fitur keselamatan dan keamanan canggih kelas wahid. Sebut saja pengereman ABS dengan EBD, Brake Assist, sabuk pengaman yang dilengkapi fitur pretensioner dan force limiter. Selain itu juga dual airbag di depan dan RISE (Reinforced Impact Safety Evolution).

Fitur itu sedikit terbukti. Meski Lancer Evo X ringsek nyaris tak berbentuk lagi, nyawa Dul masih terselamatkan. Dia hanya mengalami patah tulang dan memar-memar.  (umi)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
bocah-semprul
08/09/2013
pak polici dul jangan ditangkap ya...coalnya dul becok mau cekolah bial jadi tukang insinyul...
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com