Heboh Mobil Murah, Apa Kabar Esemka?

Mobil Esemka di assembly Solo Techno Park
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Sodiq
VIVAnews
Jelang Hari Raya Idul Fitri, Persediaan BBM di Bali Masih Aman
- Pasar otomotif nasional tengah dihebohkan kehadiran mobil murah, yang rencananya mulai dijual bulan depan di Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2013.

Tebar Berkah Ramadan 1445 H, Mandiri Group Santuni 57.000 Anak Yatim dan Duafa

Euforia mobil murah yang notabene merupakan merek Jepang, membuat mobil buatan Indonesia seperti Esemka mendadak terlupa dan kalah pamor.
Ada Kabar Jaksa Peras Saksi hingga Rp3 Miliar, KPK Bilang Begini


Lama tak terdengar kabarnya, mobil rakitan dari PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK), Esemka ternyata sedang gencar membangun bengkel resmi untuk perawatan dan penjualan suku cadang mobil tersebut. Bengkel resmi itu direncanakan akan mulai operasional pada bulan Oktober mendatang.


Sabar Budi, Humas PT SMK mengungkapkan pihaknya sedang melakukan persiapan operasionalĀ  bengkel resmi Esemka. Beberapa daerah, selain Solo, juga akan dibangun bengkel resmi dan layanan purna jual.


"Beberapa daerah yang akan dibangun bengkel resmi seperi diĀ  Madiun, Kediri, Tasikmalaya, Cirebon, Jakarta, Ciamis, Pati, Salatiga, Jogja, Malang, Lampung, Riau, Dumai, NTB, Bali, " jelasnya kepada VIVAnews, Selasa, 3 September 2013.


Menurut Sabar Budi, pemilihan daearah tersebut berdasarkan populasi jumlah pemesanan dari Esemka. Lantaran di daerah Jawa Timur, banyak yang pesan Esemka, maka bengkel resmi juga disiapkan. "Rencanannya setiap daerah akan ada sekitar 2-3 bengkel resmi, " tuturnya.


Menurut Sabar Budi, bengkel tersebut tak hanya dibangun secara mandiri oleh PT SMK. Namun ada juga yang dibangun berdasarkan kerjasama dengan sekolah kejuruan yang berbasis jurusan otomotif.


"Untuk sementara, bengkel akan dipusatkan dulu di Solo. Daerah-daerah lain menyusul. Semua daerah yang akan memiliki bengkel resmi baru melakukan persiapan. Ya, persiapan sudah mencapai 80 persen, " tuturnya.


Dengan adanya bengkel resmi diharapkan bisa memudahkan pengguna Esemka untuk merawat mobilnya dan penggantian suku cadang. "Rencananya bengkel yang melayani purna jual ini juga akan digunakan perakitan. Jadi bisa mempercepat proses produksi perakitan Esemka," ungkapnya. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya