Menimbang Aveo, Pesaing Jazz dan Yaris

All New Aveo
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Mahaputra
VIVAnews
Pelaku Jambret Tinggalkan Mobil Patroli Polisi yang Dia Bawa Kabur di Pinggir Jalan Lalu Kabur
- Nama Chevrolet Aveo mungkin belum setenar Jazz dan Yaris di pasar mobil Tanah Air. Tapi bukan berati mobil asal negeri Paman Sam itu tak layak untuk dipertimbangkan dengan tampilan dan fitur yang menggoda.

5 Cara Ampuh Melepaskan Diri dari Kecanduan Alkohol

Beberapa waktu lalu
Holding BUMN InJourney Siap Sambut Mudik dan Libur Lebaran 2024
VIVAnews mendapatkan kesempatan untuk menjajal hatchback lima penumpang tersebut. Sebelum "Come Out and Play ", ada baiknya mengulas lebih dulu desain eksterior dan interior All New Aveo LT 1.4 MT.

Aveo yang memiliki panjang 4039 mm, lebar 1735 mm, 1517 mm dilengkapi grill dual-port , yang menjadi ciri khas Chevrolet, plus lampu depan berdesain exposed headlamp --memiliki kesan 3 dimensi layaknya sportcar
Camaro.


Headlamp All New Aveo


Desain pintu belakang cukup menyita perhatian karena mengusung
door handle
yang unik di pilar C. Pada saat pertama kali digunakan terasa sedikit canggung meski cukup memudahkan akses masuk ke dalam pintu.


Untuk sebagian orang Indonesia yang sering menggunakan tangan kanan apabila membuka pintu belakang bagian kiri maka akan memposisikan tangannya agak menekuk.


Desain bagian belakang mengadopsi lampu
stop lamp
berbentuk lingkaran yang diselimuti penampangan plastik berbahan plastik warna hitam. Ditambah
high mount stop lamp
di kaca belakang yang berdesain minimalis dan atraktif. Untuk bagian kaki-kaki, varian 1.4 AT LT telah dilengkapi velg alumunium 16 inci dengan ban 205/55.


Memasuki kabin dan duduk di belakang kemudi, jok sedikit keras, namun tetap nyaman, karena posisi jok sendiri dapat dinaik-turunkan sesuai keinginan si pengemudi, serta fitur
tilt steering
yang membuat  posisi kemudi makin nyaman.


Untuk interior, panel instrumen secara keseluruhan sangat sporty dan terlihat modern seperti speedometer, dan pengukuran rpm. Sayangnya, dikemudi minus
steering control
.


Dashboard All New Aveo


Konsol
dashboard
tengah diisi audio dan tiga tombol pengatur suhu udara. Chevrolet mengadopsi desain mobil Eropa yang menaruh tombol pengunci pintu di tengah konsol sehingga pengamanan pintu lebih terjamin.


Adapun untuk sistem hiburan dilengkapi
head audio
2DIN CD/MP3 4 speaker. Hasil, kualitas suara cukup baik terdengar. Tapi sayang, tombol
power
untuk mengatur volume suara berada di sisi kiri. Mungkin mengadopsi
head audio
yang ada di pasar Amerika, yang setir kemudi berada di sisi kanan.


Beralih ke tempat duduk bagian belakang. Aveo didesain untuk dua oranag dewasa plus satu anak kecil. Jarak ruang kaki di kursi belakang cukup lebar sehingga nyaman saat ikut berkendara jauh.


Tampilan belakang All New Aveo


Kursi belakang dapat diubah menjadi ruang penyimpanan yang lebih besar hanya dengan dua langkah mudah. Cukup menarik tuas di bagian baha kursi belakang maka otomatis kursi belakang akan terlipat dan menciptakan ruang tambahan yang menjadi satu dengan bagasi.


Performa

Untuk akselerasi Aveo 1,4 AT LT, dilengkapi mesin 1.4 liter DOHC Double CVC yang mampu menghasilkan tenaga 100 Ps pada 6.000 rpm dengan torsi 130 Nm pada 4.000 rpm. Mesin tersebut, dikawinkan dengan transmisi otomatis enam percepatan.


Tarikan awal Aveo varian ini tampaknya tidak terlalu cukup responsif, sehingga harus menekan lebih dalam dan sedikit lama. Namun, jika pedal diinjak lebih dalam, mobil ini memang dapat melesat cepat.


Terlebih lagi transmisi otomatis yang juga memiliki tuas manual, membuat mobil ini dapat berakselerasi layaknya mobil manual.


Saat meliuk-liuk, mobil yang memiliki radius putar 5,25 m memang sangat gesit meski jarak putar di cukup sempit. Untuk
handling
juga cukup baik lantaran penggunaan suspensi
McPherson struts
di bagian depan dan suspensi
compound crack
di bagian belakang.


Kesimpulan

All New Aveo atau yang di pasar Amerika disebut nama Sonic memang cocok bagi Anda yang menginginkan kendaraan pertama. Tapi sayang, tidak seperti saudaranya di negeri Paman Sam yang memiliki fitur lengkap, varian teratas Aveo di Indonesia masih dirasa kurang dalam fitur teknologi berkendara, seperti sensor prakir,
voice assistant
untuk menelepon, dan
turbocharger
.


Terlepas dari itu semua, mobil yang dibanderol Rp193,8 layak menyadang kuda hitam di pasar
hacthback
nasional. Sebagai catatan, Aveo masih membutuhkan waktu untuk memperkenalkan diri kepada konsumen Indonesia. Sebab, citra merek varian kompetitor di segmen ini sudah demikian lekat, seperti Jazz dan Yaris. (adi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya