Merayakan Hari Kemenangan Pakai Sirion

Daihatsu Sirion Slalom College Battle
Sumber :
  • Dokumentasi Astra Daihatsu Motor (ADM)

VIVAnews - Urusan mudik Lebaran, tak jarang mobil jenis MPV (Multi Purpose Vehicle) yang jadi incaran. Selain mampu menampung lebih banyak penumpang, dimensinya yang besar juga bisa menampung barang bawaan yang beragam.

Tapi bukan berarti mobil kecil seperti city car tak bisa diandalkan. Bagi mereka yang tidak terlalu banyak membawa barang bawaan, mobil tipe ini pantas dilirik.

Pada mudik lebaran kemarin, VIVAnews mendapatkan kesempatan untuk mencoba Daihatsu Sirion menjelajahi pantura sampai Brebes-Tegal, Jawa Tengah. Lalu mampukah mobil berkapasitas lima penumpang itu melibas jalur yang dikenal "ganas"?

VIVAnews memilih berangkat H+3 guna menghindari arus lalulintas yang padat. Perjalanan dimulai dari Tol JORR menuju Cikampek. Jalur yang cukup lengang membuat leluasa menekan pedal gas hingga kecepatan dikisaran 100-140 km/jam.

Dengan kondisi seperti itu, city car yang di Malaysia bernama Myvi cukup stabil (diisi empat orang dengan empat tas di bagasi). Manuver bisa dilakukan mudah tanpa ada kesulitan. Perpindahan transmisi lancar dengan setir yang dapat diatur sesuai kenyamanan pengemudi.

Begitu keluar Tol Cikopo, Sirion kembali digeber mengarah ke Pamanukan-Indramayu. Kondisi jalan sedikit ramai, tapi mobil masih bisa dicapu hingga 100km/jam.

Di sini, mobil yang dibanderol Rp144,8 Juta kembali diuji. Banyaknya jalanan yang ditambal dan bergelombang, ternyata membuat suspensinya masih nyaman.

Suspensi depannya menggunakan MacPherson Struts dengan per keong dan stabilizer. Untuk suspensi belakang menggunakan Torsion Beam dengan per keong.

5 Cara Ampuh Melepaskan Diri dari Kecanduan Alkohol


Sistem pengereman cakram (disc) berventilasi dengan booster, learding dan training atau mekanis pada rem belakang juga berfungsi dengan baik, terutama saat harus menghentikan laju dari kecepatan tinggi.

Tak terasa perjalanan pun mampu dituntaskan dengan begitu cepat dan masuk ke arah Tol Palimanan. Nah,  ada sedikit kekurangan yang dirasakan ketika Sirion harus melewati Tol yang berada di luar kota Cirebon tersebut.

Suara bising dari luar cukup dirasakan hingga ke dalam. Kabin yang tidak terlalu senyap, serta bagian dashboard juga menimbulkan bunyi yang sangat mengganggu (kecepatan rata-rata 100 km/jam).

Ruas tol dengan kontur jalan sedikit bergelombang juga sedikit membuat Sirion bummping. Tapi itu agak wajar mengingat mobil ini memang untuk diperuntukan untuk mobilitas perkotaan.

Untuk mengusir kebosanan di trak lurus yang cukup panjang, head unit dengan fitur terkini seperti MP3 Player, USB, hingga Bluetooth yang terkoneksi telepon seluler untuk berkomunikasi dan memutar lagu sedikit menghibur. Pengoperasiannya juga tidak ribet.

Perjalanan pun sudah menjelang akhir tujuan begitu melihat gerbang Tol Palimanan. Sirion makin gesit dipacu di jalur padat Brebes-Tegal, hingga akhirnya sampai di tempat tujuan dengan waktu tempuh 6 jam (Jakarta-Brebes), konsumsi BBM (13,8 km/liter).

Menyiksa di Guci

Hari kedua di Brebes, VIVAnews masih belum puas untuk membuktikan keandalan Sirion. Maklum, trak yang dilewati kurang menantang karena minim tanjakan. Pilihannya jatuh ke daerah wisata pemandian air panas Guci di sekitar Tegal-Slawi.

Di sini, Sirion harus bekerja lebih keras untuk melahap trak tanjakan dan turunan yang curam. Mesin 1.3 liter DOHC VVTi bertenaga 90 ps dan torsi maksimal 11,9 kg/m masih bisa diandalkan, meski agak kualahan ketika dibawa menanjak.

Namun, mobil yang memiliki dimensi panjang 3690mm, lebar 1665mm dan tinggi 1545mm sangat stabil. Kelincahan juga didukung kemudi yang sudah dibekali Electronic Power Steering (EPS) sehingga saat bermanuver dan berkelok-kelok, tidak ada kesan bodi yang membuang.
 
Usaha melibas jalur yang dikenal ganas akhirnya membuahkan hasil. Sirion berhasil berada di puncak Guci untuk rayakan kemenangan dengan "hadiah" pemandangan alam yang asri.(adi)

Mobil patroli polisi (FOTO ILUSTRASI)

Pelaku Jambret Tinggalkan Mobil Patroli Polisi yang Dia Bawa Kabur di Pinggir Jalan Lalu Kabur

Mobil patroli Polsek Setiabudi, yang berhasil dibawa kabur oleh pelaku jambret, yang beraksi di Jalan HR Rasuna Said, Karet, Kuningan, Jakarta Selatan, sudah diketemukan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024