Jurus Jitu Pulihkan Mobil Usai Dipakai Mudik

Pengecekan mobil
Sumber :
  • 88db.com

VIVAnews - Menempuh perjalanan cukup jauh saat mudik terkadang membuat performa mobil Anda mengalami sedikit penurunan. Banyak faktor yang harus diperhatikan soal kondisi mobil usai dipaksa kerja keras.

Menurut Service Manager Plaza Toyota, Parman Suanda, Minggu 11 Agustus 2013, saat mudik, mobil sudah pasti bekerja maksimal.

Live World Boxing Welter Super WBO dan WBC, Tszyu vs Sebastian Fundora Tayang Akhir Pekan di tvOne

Terlebih digunakan dalam situasi jalan yang macet parah. Adapun yang perlu diperiksa adalah kondisi oli mesin atau pelumas lainnya seperti oli gardan. "Jika sudah berkurang dari batas minimal, lakukan penggantian oli," kata Parman.

Tak cuma itu, periksa ulang kondisi mesin. Lakukan kiat yang sama seperti ketika Anda bersiap untuk liburan. Tetapi, kali ini beri perhatian ekstra pada kondisi air radiator.

Biasanya pada mobil yang telah berjalan jauh, terjadi perubahan warna pada air radiator. Bila terdapat air radiator yang keruh, kuras dan ganti seluruhnya.

Periksa juga rem. Karena komponen ini memiliki beban kerja yang berat saat perjalanan mudik. Perhatikan pula kondisi belt seperti timing belt dan v-belt. Biasanya jika belt mengendur, akan mengeluarkan suara yang berdecit.

Selain itu, periksa kondisi keselarasan kaki-kaki mobil. Cara yang paling mudah dan efisien adalah dengan melakukan spooring, balancing, dan wheel alignment jika diperlukan.

Kemudian, periksa ulang kondisi ban. Lebih baik lagi dirotasi. Perhatikan pula keausan telapak ban, jika mendapati telapak ban yang tidak rata, ada dua indikasi yang terjadi.

Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024

Pertama, akibat tekanan udara ban yang berkurang, dan kedua karena menurunnya kinerja suspensi.

Terakhir, periksa kondisi saringan udara. Bersihkan dengan prosedur yang sesuai dengan karakteristik saringan udara mobil. Beberapa mobil mengadopsi filter yang dapat dicuci dengan air sabun, alkohol, ataupun oli khusus. (umi)

Nassar

Berduka Atas Meninggalnya Ayah Nassar, Inul Daratista Beri Doa Terbaik

Rekan-rekan artis Nassar ikut merasa berduka, salah satunya adalah Inul Daratista.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024