Tips Mudik Asyik Pakai Mercy Jadul

MERCEDEZ-BENZ M-CLass ML 300
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin
VIVAnews
Bansos Sembako dan PKH Kembali Disalurkan, Pos Indonesia Wanti-wanti Ini
- Mudik lebaran menggunakan mobil pribadi tidak hanya dilakukan masyarakat Indonesia yang hanya memiliki merek-merek mobil Jepang. Mobil premium pun juga sama, salah satunya Mercedes-Benz.

27 Korban Penipuan Investasi Rp52 Miliar Geruduk Rumah Orang Tua Pelaku di Tasikmalaya

Selama mudik lebaran, tak jarang para pemilik mobil asal Jerman, terlebih dengan model jadul (jaman dulu) masih sering digunakan. Bahkan saking lawasnya, para pemilik mobil tetap percaya diri berkendara dengan jarak cukup jauh, tanpa menghiraukan umur mobil yang sudah semakin tua.
Volume Transaksi BRImo Capai Rp 1.251 Triliun di Kuartal I-2024


Nah,
Deputy Director After Sales Technic and Services
Mercedes-Benz Indonesia, Ferdian Eka Surya mengatakan jika menggunakan model Mercy lama tentu akan berbeda dengan model terbaru, terutama untuk masalah penanganannya atau service jika akan mudik.


"Sebisa mungkin di cek kembali, apakah ada kebocoran atau tidak, kalau memang ada segera diganti atau diperbaiki," kata Ferdian di Jakarta, Selasa Malam 30 Juli 2013.


Lebih lanjut, Ferdian mengatakan pengecekan paling standar adalah melakukan servis ke bengkel resmi atau bengkel-bengkel terpercaya. Tentu konsumen harus memperhatikan suku cadangnya atau
parts
, bila bukan di bengkel resmi hal itu akan sulit dicari.


Untuk Mercy lama, kata dia, ada baiknya sebelum mudik mengecek bagian pengereman seperti kanvas rem, minyak rem, aki, dan lainnya. Begitu juga dengan model manual harus mengecek kopling, kanvas kopling dan radiatornya.


Tak kalah penting, konsumen juga harus mengecek sistem
steering
. Adapun pengecekan bisa dilakukan sendiri dengan cara menggerak-gerakan stir. Jika bergoyang-goyang atau ada
noise
, harus segera diperbaiki.


Selain itu, perhatikan fungsi AC. Dicek saja terlebih dulu, coba lakukan servis atau dibersihkan. Hal itu akan berguna jika situasi saat mudik hujan. "Jadi, kaca mobil pun tak perlu takut tertutupi embun," tambahnya. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya