Rahasia Varian Baru Jazz Bakal Jadi Mobil Teririt Sedunia

Honda telah membuat mesin baru yang diklaim lebih irit BBM.

Senin, 29 Juli 2013, 13:15 Sandy Adam Mahaputra, Herdi Muhardi
Mesin Sport Hybrid i-DCD Honda
Mesin Sport Hybrid i-DCD Honda (Dokumentasi Honda )

VIVAnews - Honda Motor Co.,Ltd melakukan terobosan dengan membuat mesin baru yang disebut Sport Hybrid i-DCD (Intelligent Dual Clutch Drive). Mesin ini diklaim mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar lebih dari 35 persen, dibandingkan sistem hybrid IMA.

Berdasarkan keterangan tertulis Honda, Senin 29 Juli 2013, dari hasil pengujian Kementerian Transportasi Jepang (JCO8), mesin ini mampu menghasilkan konsumsi bahan bakar sejauh 36,4 km per liter.

Dengan ukuran lebih kecil dan lebih ringan ditambah sistem hibrida satu motor, mesin ini diperuntukkan untuk mobil kendaraan berukuran kecil. Meski demikian, EV drive pada bagian mesin ini dapat memisahkan pengendalian mesin, dan juga motor.

Sport Hybrid i-DCD mengadopsi sistem 4-silinder segaris dengan 1.5 liter yang menerapkan siklus Atkinson (siklus rasio dengan ekspansi tinggi).

Selain itu, mesin yang dapat dikawinkan 7 percepatan DCT (Dual Clutch Transmission) dengan sistem built-in high-motor pada outputnya, dan IPU (Intelligent Power Unit) juga dilengkapi dengan baterai built-in lithium-ion.

Mesin ini juga mengadopsi electric servo brake system, yang meningkatkan efisiensi listrik secara regeneratif dan kompresor listrik yang berguna untuk mengurangi beban pada mesin.

Sport Hybrid i-DCD terintegrasi dengan 3-mode driving system yang dapat mengaktifkan atau menonaktifkan mesin dan motor tergantung situasi pada saat mengemudi.

3-mode driving system terdiri dari EVdrive, di mana hanya tenaga motor yang bekerja, Hybrid Drive Mode--tenaga motor dan mesin bekerja bersamaan, dan Engine Drive Mode hanya tenaga mesin yang bekerja.

Model pertama yang akan menggunakan mesin ini adalah All New Jazz Hybrid. Tak heran, tipe itu digadang-gadang akan menjadi mobil teririt dunia, mengalahkan rekor yang dipegang Toyota Aqua yang hanya 35,4 km/liter, dan Prius 30 km/liter.

Bahkan, jauh lebih baik dari Honda Accord Hybrid yang telah diluncurkan, dan hanya mencatat 30 km/liter. Rencananya, Jazz teranyar akan diluncurkan di Jepang, September mendatang. Kemudian menyusul di seluruh dunia pada awal tahun depan.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com