Belasan Mobil Super Serba 'Wah' Punya Koruptor Jadi Rebutan

Supercar putra sulung Presiden Equatorial Guinea
Sumber :
  • Autoevolution
VIVAnews
Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel
- Aset berhargai putra sulung Presiden Equatorial Guinea --salah satu negara kaya minyak di Afrika, Teodoro Nguema Obiang Mangue, yang 'dirampas' berhasil dilelang. Hasilnya, dana 3,1 juta euro atau sekitar Rp40,6 miliar terkumpul.

Prediksi Premier League: Fulham vs Liverpool

Adapun aset yang dilelang adalah deretan mobil mewah: dua Bugatti, dua Bentley, Rolls-Royce, Ferrari, Porsche, Maserati, dan Maybach.
Ditanya Kontrak STY, Erick Thohir Sebut Sepakbola Indonesia di Jalur yang Tepat


Koleksi mobil mewah itu merupakan kendaraan yang disita pengadilan Prancis dari rumah Teodorin di 42 Avenue Foch, Paris, pada 28 September 2011 lalu.


Menurut pengadilan, semua mobil super itu dibeli dari keuntungan haram alias hasil korupsi yang dilakukan Obiang sejak 2011 lalu.


Sebagian besar mobil serba 'wah' itu baru digunakan sebentar. Terlihat dari angka km yang ada di spidometernya masih sedikit, bahkan ada yang belum dipakai sama sekali. Tak heran, mobil itu jadi rebutan kolektor berkocek tebal begitu dilelang.


Prancis memang dipilih Obiang sebagat tempat mengumpulkan uang korupsi. Hasil korupsi dari negaranya dibelikan mobil, rumah, perhiasaan hingga funitur antik di Prancis.


Dokumen kepolisian juga menyebutkan Obiang sering mengimpor mobil mewah dari AS ke Prancis, yang sebagian dikirim ke negaranya.


Pada bulan November 2009, dia mengimpor tujuh Ferrari, empat Mercedes-Benz, lima Bentley, empat Rolls-Royce, dua Bugatti, Aston Martin, Porsche, Lamborghini dan Maserati.


Selama 50 tahun merdeka, Equatorial Guinea dikenal sebagai negeri yang kaya minyak. Namun, sayangnya, penduduk di negara itu hidup dalam kemiskinan dan kelaparan. (Sumber: Autoevolution, IB Times | umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya