Mudik Cerdas dan Tak Tekor Ala Google Maps

Google Maps Coordinate
Sumber :
  • http://www.ibtimes.com

VIVAnews - Mudik ke kampung halaman untuk merayakan lebaran menjadi tradisi rutin yang dilakukan umat muslim di Indonesia. Banyak pilihan untuk bisa mudik, mulai dari kendaraan pribadi atau angkutan umum seperti bus, kereta api, kapal, dan pesawat.

Namun kebanyakan masyarakat memilih menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil ataupun sepeda motor. Nah, bagi Anda yang memilih kendaraan pribadi, ada baiknya untuk mempersiapkan fisik dan kesiapan kendaraan dari jauh-jauh hari.

Persiapan lain yang penting dilakukan adalah rute atau jalur mana yang akan dilalui. Jika kesulitan membaca peta mudik yang konvensional, kini ada cara yang lebih modern, yakni mengandalkan fitur Google Maps yang tersemat pada Smartphone.

Dengan cara ini tentunya akan memudahkan Anda menentukan rute perjalanan lebih praktis dan efektif.

Berikut tips memanfaatkan Google Maps untuk mudik:

1. Cari jalan paling nyaman menuju tempat tujuan

Pergi/pulang pada saat arus mudik dapat memakan waktu yang lama. Karena itu ada baiknya  Anda melakukan perencanaan dan membiasakan diri dengan rute yang akan dilalui terlebih dahulu.

Perencanaan dapat dimulai dengan mencari jalan menuju tempat tujuan, kemudian carilah rute alternatif yang dapat Anda gunakan jika jalanan macet atau ada kecelakaan di jalan.

Hal ini dapat menghemat waktu di perjalanan. Untuk mengurangi risiko kendaraan mogok, Anda juga dapat melihat jarak yang akan ditempuh sebagai estimasi berapa banyak bahan bakar yang dibutuhkan kendaraan.

Selain menghemat waktu, biaya yang dikeluarkan untuk mudik juga lebih efisien. Karena bisa menghemat bahan bakar kendaraan tanpa harus terjebak macet.

Informasi ini dapat ditemukan dengan mudah melalui Google Maps. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan Google Maps untuk memberikan informasi kepada anggota keluarga.

Coba sekarang: ketik rumah Anda (misalnya: Mampang Prapatan) lalu pilih lokasi yang dituju (misalnya: Pekalongan), maka rute perjalanan dan jarak tempuh yang Anda butuhkan akan tampil di layar.

Anda dapat melihat alternatif jalan hanya dengan klik dan menarik ke bawah/atas lintas jalan yang telah dipilih, hingga rute alternatif langsung tampak di layar ponsel. Setelah itu, simpan penemuan Anda dan sebarkan informasi tersebut ke keluarga anda.

2. Cari informasi kebutuhan perjalanan

Dalam merencanakan perjalanan anda, ada baiknya jika anda mencari informasi tentang tempat peristirahatan yang dapat anda kunjungi ketika mengantuk saat berkendara, penginapan terdekat jika anda ingin beristirahat, restoran atau SPBU yang berlokasi di sepanjang perjalanan anda.

Coba sekarang: Anda dapat klik kanan pada rute perjalanan yang ada di Google Maps. Kemudian klik “what’s here”, lalu ketik tempat yang ingin anda ketahui (misalnya: SPBU). Secara otomatis, Google Maps akan menunjukkan SPBU yang sejalan dengan rute perjalanan anda, lengkap dengan nama SPBU serta alamat.

Anda juga dapat klik “what’s where”, lalu ketik restoran yang ingin anda kunjungi (misalnya: restoran Padang), Google Maps akan menunjukkan restoran Padang yang ada di sepanjang jalan anda, lengkap dengan alamatnya.

3. Catat penemuan Anda di My Places

Anda dapat menyimpan tempat-tempat menarik mulai dari tempat wisata hingga restoran yang ditemui dengan menggunakan 'Tempatku' (My Places). Selain menyimpan kenangan anda, dapat juga bisa membagikan informasi mengenai tempat-tempat tersebut ke keluarga dan teman.

Jadwal Imsakiyah, Waktu Sholat dan Buka Puasa di Seluruh Indonesia Jumat, 29 Maret 2024

Nah, semoga mudik Anda menjadi lebih nyaman. (umi)

Bek Timnas Indonesia Jay Idzes

Alasan Haru Jay Idzes Rela Lepas Kesempatan Bermain dengan Timnas Belanda Demi Garuda

Di balik gemilangnya performa Jay Idzes, terselip kisah menarik tentang pilihannya membela Timnas Indonesia daripada bermain bersama Virgil van Dijk di Timnas Belanda.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024