VIDEO: Dodol Betawi, Sajian Legit untuk Berbuka Puasa

Dodol Betawi
Sumber :
  • Antara/ Rosa Panggabean

VIVAlife - Dodol betawi. Makanan berwarna hitam kecokelatan ini biasanya memiliki variasi rasa yang terdiri dari ketan putih, ketan hitam dan durian. Karena rasanya yang legit atau manis, dodol seringkali dijadikan sebagai pembuka untuk berbuka puasa oleh warga Betawi.

Pengembang Perumahan di Dubai Beri Perbaikan Rumah Gratis Setelah Banjir Bandang

Proses pembuatan dodol sendiri ternyata tidak mudah. Makanan yang bahan bakunya terdiri dari tepung beras ketan, santan kelapa, gula merah, dan gula pasir ini dicampur dan diaduk selama tujuh jam. Agar keaslian dodol betawi tetap terjaga, maka campuran tadi harus dimasak di atas tungku dengan kayu bakar.

Karena proses pembuatannya yang tidak mudah ini, dodol biasanya dibuat bersama-sama oleh banyak orang. Kayu bakar yang digunakan juga harus terus dijaga agar tidak terlalu panas dan mengeluarkan asap. Apabila apinya terlalu besar, dodol akan gosong dan tingkat kematangan yang tidak rata.

Selain dodol, Betawi juga memiliki makanan khas lainnya, yaitu asinan. Ada dua jenis asinan, yang pertama asinan buah yang biasanya terdiri dari salak, nanas, bengkuang,mangga dan mentimun. Selain itu, ada asinan sayur, yang terdiri dari mi kuning, toge, kol, selada, tahu dan tentunya kerupuk. Tiga pilihan makanan ini, bisa Anda jadikan menu berbuka puasa yang lezat dan menyegarkan.

Yen Amblas ke Level Terendah dalam 34 Tahun, Menkeu Jepang Bakal Ambil Tindakan

Lihat videonya di .

Nick Kuipers, Persib Bandung vs Persebaya Surabaya

5 Fakta Menarik Persib Bandung Usai Benamkan Persebaya Surabaya di Liga 1

Persib Bandung berhasil meraih tiga poin usai tekuk Persebaya Surabaya dengan skor 3-1 dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Si Jalak Harupat pada Sabtu sore, 20 April 2024

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024