Lima Fitur Canggih yang Ada di Mobil Baru

Fitur canggih di mobil
Sumber :
  • Foxnews.com
VIVAnews
Harta Kekayaan Elon Musk Lenyap Rp 45 Triliun dalam Sekejap, Ini Penyebabnya
– Kecanggihan teknologi pada sebuah mobil rupanya tak akan hanya dimiliki deretan produk seperti Mercedes-Benz atau Volvo. Pasalnya, beberapa perusahaan kini semakin menerapkan teknologi dengan menyematkan fitur-fitur terbaru.

Cak Imin soal PKB Gabung ke Pemerintahan Prabowo: Alhamdulillah, Semuanya Smooth!

"Apa yang kita lihat hari ini sebagai teknologi yang sedikit elit dan berubah sangat cepat," kata
Deretan Solusi Ampuh Merawat Kulit Wajah Kesayangan Anda
Chief Operating Officer TRW Automotive, Steven Lunn, yang merupakan pemasok elektronik untuk pembuat mobil.

Soal harga, kata dia, produknya kini lebih murah dibandingkan 10 tahun lalu. Selain itu, teknologi yang berkembang membuat jenis dan modelnya pun lebih bervariasi.


Berikut lima fitur canggih yang dimiliki sejumlah mobil baru:


Peringatan tabrakan dan pengereman otomatis


Standar ini mungkin sudah ada pada beberapa jenis mobil dengan memberikan sebuah radar dan kamera kecil. Jika akan menabrak, maka akan terdengar suara bip.


Beberapa perusahaan seperti Mercedes, Honda, Toyota, Infiniti, Volvo, Ford dan beberapa merek lain sudah menawarkan fitur pengereman otomatis.


Menurut lembaga asuransi, sistem peringatan tabrakan bisa mengurangi angka kecelakaan sebesar 7 persen. Jika ditambah pengereman otomatis, maka bisa mengurangi kecelakaan dua kali lipat.


Kamera tambahan


Dengan kamera tambahan, diharapkan dapat mengetahui segala sisi dengan satu tempat pemantau. Menurut penyuplai kamera, bentuk kamera kini lebih kecil dan lebih murah. Sehingga mobil dapat menempatkan beberapa kamera di berbagai titik.


Para perusahaan mobil menginginkan sebuah kamera yang dapat membaca salah arah rambu-rambu jalan, mendeteksi hewan besar seperti rusa, bahkan memperhatikan warna lampu lalu lintas. Semua teknologi ini akan datang pada 2015.


Lane Centering


Sebuah kamera yang dapat mendeteksi serta mengikuti jalan. Selain itu bisa mengetahui mobil telah menyenggol, menggunakan rem, serta membuat sebuah mobil tetap berada di jalur.


Namun sayang, fitur ini tergolong mahal, dan baru tersedia pada beberapa jenis mobil seperti di Mercedes-Benz, Ford Fusion, Ford Explorer, Toyota Prius, Lexus GS dan Lincoln MKZ.


Lampu Adaptive


Lampu ini terletak pada bagian depan. Cara kerjanya, saat akan melakukan manuver atau berbelok, lampu ini akan secara otomatis ikut berbelok, sehingga mengurangi blind spot akibat cahaya yang biasanya tidak ikut searah.


Agar lebih terang biasanya para produsen akan menggunakan lampu LED. Audi, Mercedes, Acura, Mazda dan beberapa mereka mobil lainnya telah menerapkan sistem ini.


Stop-start


Dengan fitur ini, diharapkan konsumsi bahan bakar akan lebih ekonomis. Sebab, saat kondisi mobil diam atau saat berada di lampu merah, mobil akan secara otomatis mati dan kembali berjalan saat sang sopir menginjak pedal rem lebih dalam. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya