Jelang Puasa, Mobil Bekas Ini Ramai Diburu

Jual beli mobil bekas.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews
Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi
- Menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri, penjualan mobil bekas diprediksi kembali meningkat. Kebutuhan konsumen pada kendaraan pribadi untuk dipakai mudik menjadi berkah bagi penjualan mobil bekas.

Sektor Manufaktur RI Jauh dari Deindustrialisasi, Ekonom Beberkan Buktinya

Menurut
Mak Vera Tepati Janji, Datang ke Makam Olga Syahputra Tengah Malam
Senior Marketing Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih, seperti tahun-tahun sebelumnya, tren penjualan mobil bekas jelang puasa dan Lebaran selalu meningkat 5-10 persen dibanding bulan biasa.

Untuk varian MPV (
Multi Purpose Vehicle
) seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, atau Suzuki APV masih akan tetap menjadi primadona penjualan mobil bekas jelang Lebaran. "Mobil tujuh penumpang biasanya jadi pilihan utama konsumen, karena muat banyak untuk dipakai mudik," kata dia.


Mobil tipe lain yang diprediksi bakal banyak diburu adalah Suzuki Ertiga. "Paling cepat laku untuk mobil MPV bekas itu Ertiga dalam satu bulan terakhir ini. Bedanya cuma Rp14-15 juta dari harga barunya," bebernya.


Dia menambahkan, saat puasa menjelang Lebaran, biasanya penjualan bisa tembus di angka 2.400 unit. "Kami optimistis target itu tercapai, karena kenaikan harga BBM bersubsidi tidak memengaruhi penjualan mobil bekas," tegas dia.


Diesel Langka

Kenaikan harga BBM bersubsidi yang berbeda antara premium menjadi Rp6.500 per liter dan solar Rp5.500 per liter, berdampak pada membeludaknya konsumen memburu mobil diesel.


"Sebelum ada isu kenaikan harga BBM, mobil bekas diesel sudah tinggi. Karena, diesel memang lebih irit bahan bakar. Dan, kini setelah harga BBM naik, peminatnya makin banyak," kata Herjanto.


Teknologi diesel, menurut dia, telah jauh lebih baik dan canggih ketimbang dulu. Salah satunya yang banyak digunakan sekarang, yakni mesin diesel
common rail
--diklaim jauh lebih baik daripada mesin diesel konvensional.


"Selain lebih irit, penggunaan mesin diesel
common rail
juga lebih mudah dalam perawatan. Makanya, sekarang mobil diesel bekas banyak dibeli," ujarnya.


Herjanto mengatakan, mobil bekas diesel yang paling banyak dibeli adalah Toyota Innova, Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero, dan Chevrolet Captiva.


Dia menambahkan, dari deretan mobil itu, Innova yang memiliki harga paling tinggi karena paling banyak dicari konsumen. "Innova tahun 2010 kami jual Rp265 juta, untuk Fortuner dan Pajero dengan tahun yang sama dilepas Rp320 juta," katanya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya