Apa Saja Keunggulan Sedan Vios Generasi Baru

Test Drive All New Vios
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Mahaputra

VIVAnews - Toyota merombak besar-besar sedan entry level mereka, Vios. Bodinya kini lebih bongsor dari generasi sebelumnya. Selain itu, mereka menyematkan fitur keren yang membuat All New Vios naik kasta.

Selebgram Chandrika Chika Terjerat Kasus Narkoba Karena Isap Rokok Elektrik Rasa Ganja

Yang cukup menggoda pada tampilan eksterior adalah kombinasi trapezoidal grille dan desain baru headlamp. Sedan Vios jadi terlihat khas, unik, serta kokoh. 

All New Vios juga dilengkapi fitur baru seperti aero stabilizing fins dan catamaran shape roof. Fitur baru itu diklaim dapat memberikan performa aerodinamika yang bagus. "Fitur ini awalnya hanya digunakan pada mobil sport Toyota 86. Tapi sekarang ada di Vios," kata General Manager Technical Service Division PT Toyota Astra Motor (TAM) Dadi Hendriadi di Jakarta, Kamis 30 Mei 2013.

5 Polisi di Kolaka Ditangkap karena Keroyok Warga hingga Babak Belur, Kapolres Minta Maaf

Fitur baru yang dijagokan Toyota pada All New Vios adalah infotainment system anyar (untuk tipe G); internet connectity dan M-Toyota application--memberikan informasi mengenai dealer dan outlet resmi Toyota, service berkala, panduan singkat berkendaraan.

Menariknya, fitur itu dioperasikan hanya dengan sentuhan jari tangan (gesture) layaknya smartphone dan tablet. Jika tak merepot, Anda juga bisa menggunakan perintah suara (voice command). "Misalnya untuk mengecilkan audio, Anda cukup nempelkan dua jari tangan ke layar digeser ke kiri saja. Untuk membesarkan dilakukan ke arah sebaliknya," kata Dadi.

Kunjungan ke Jepang, Sekjen Kemnaker Terus Berupaya Tingkatkan Kerja Sama Pengembangan SDM

Infotainment system All New Vios

Entertaiment System juga dapat disinkronasi dengan smartphone secara real time menggunakan teknologi digital living network alliance. Ada juga fasilitas wireless auto answer dan internet browser.

Meski bodinya lebih bongsor dibanding versi sebelumnya, TAM mengklaim konsumsi BBM All New Vios lebih irit 5 persen. Itu didapat berdasarkan pengetesan internal mereka. "Hasil tes konsumsi BBM rute kombinasi, satu liter bisa untuk 14 kilometer," klaimnya. 

Bodi belakang All New Vios

Atas dasar itulah, Vios terbaru tetap masih mengusung mesin 1-NZ FE ETCS-i 1.5 liter 16 valve DOHC dengan VVT-i technology. "Untuk mesin tidak ada perubahan dengan model sebelumnya. Karena udah cukup baik, irit dan kenceng. Jadi ya kita pertahankan," ujar dia.

Harga Vios generasi baru naik sampai Rp20 juta dibanding generasi lawas. All New Vios ‎1.5 E transmisi manual (tipe terendah) dibanderol Rp242, 5 juta, sedangkan versi teratasnya 1.5 G transmisi matik dilepas Rp272,5 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya