Mobil Polisi Ini Sanggup Ciutkan Nyali Bandit

Robocopcar
Sumber :
  • Daily Mail

VIVAnews – Jika mobil patroli kepolisian Dubai semakin cepat dalam mengejar penjahat karena menggunakan supercar Ferrari dan Lamborghini, berbeda dengan kepolisian di negeri Ratu Elizabeth, Inggris. Dalam waktu dekat, mobil patroli polisi Inggris akan sangat modern karena sanggup mengidentifikasi para penjahat.

Perjuangan Dinda Kanyadewi Main Film Badarawuhi di Desa Penari, Make Up sampai 6 Jam

Dilansir Daily Mail, Minggu 26 Mei 2013, mobil polisi yang diberi nama Vauxhall Astra Sports Tourer memang terlihat biasa, namun saat melongok ke dalam kabin, berbagai senjata cyber sanggup melacak para penjahat, beserta bukti yang ada, dan dapat dikirim langsung ke markas kepolisian.

Hebatnya, mobil 'Robocop' berteknologi tinggi itu juga dilengkapi kamera face-recognition (pengenal wajah) yang berguna untuk mengidentifikasi penjahat. Sementara perangkat komputer yang ada di dalamnya dapat mencari titik lokasi tindak pelaku kejahatan.

Catherine Wilson Tuntut Nafkah Rp100 Juta Per Bulan, Idham Masse Ungkap Hal Mengejutkan

Perusahaan Vauxhall menyatakan, saat ini mereka telah memiliki 70 persen pangsa pasar armada polisi, dan mengklaim jaringan broadband di dalam kendaraan dapat menambah betah petugas yang mungkinan menghabiskan tambahan dua jam di lapangan.

Adapun alasan menghadirkan mobil tersebut, karena adanya permintaan dari Komisaris Polisi Metropolitan Bernard Hogan-Howe, agar mobil patroli juga berfungsi sebagai kantor berjalan, karena petugas polisi memang selalu di lapangan.

3.37 Mln Hectares Palm Plantation Inside Forest Area, KLHK Identifies

"Ini adalah Astra buatan Inggris yang diubah dan akan membuat polisi bertugas dengan lebih efisien. Memungkinkan petugas menghabiskan lebih banyak waktu memerangi kejahatan," Vauxhall’s Special Vehicles Manager, Dick Ellam.

Diperlukan biaya sebesar 12.000 pound sterling atau sekitar Rp177,4 juta untuk membuat Vauxhall Astra Sports Tourer. Sudah termasuk smartphone lengkap dengan gadget, tiga komputer, serta enam kamera yang berada di depan, sisi kanan-kiri, dan belakang.

Sedangkan harga jual mobil 'Robocop' mencapai 21.020 pound sterling (Rp313 juta). Mobil itu diklaim mampu mengejar bandit dengan kecepatan tertinggi mencapai 195 km/jam.

Tak cuma itu, mobil 'Robocop' dilengkapi dengan internet broadband tercepat, sehingga polisi yang bertugas dapat meng-upload gambar, mengakses rekaman CCTV, dan foto dari database kepolisian untuk berbagi informasi dengan intelijen . Layaknya pesawat, mobil ini juga dilengkapi kotak hitam, yang terletak di panel lantai bawah. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya