Sering Celaka, Si Kembar Avanza-Xenia Dipasang Airbag?

All New Avanza Veloz
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi
VIVAnews
Meet Nicole Shanahan, VP Candidate of the United States
- Rentetan kecelakaan lalulintas yang melibatkan mobil "sejuta umat" Xenia-Avanza di jalanan Indonesia, serta ketatnya persaingan pasar membuat Daihatsu dan Toyota menambahkan sejumlah fitur keselamatan dan keamanan pada mobil tujuh penumpang itu.

Kembali Lagi ke Jakarta Setelah 5 Tahun, TVXQ: Akhirnya Bertemu Kembali

"Sebenarnya penggunaan dual airbag pada Avanza sudah lama, karena untuk standar International sendiri sudah menggunakan dual airbag," kata Presiden Direktur Toyota Astra Motor (TAM) Johnny Darmawan di Jakarta, Rabu 15 Mei 2013.
Pemain Ini Cocok Gabung Man City, Kata Aguero


Lebih lanjut, Johnny menegaskan rencana penggunaan airbag pada Avanza, sebenarnya akan diterapkan sejak pertama kali meluncur. Namun, pada saat itu, Toyota menganggap penggunaan airbag belum terlalu penting.


"Bukan karena kompetitor. Karena kompetitor juga masih ada yang belum pakai airbag. Ini karena planning dan strategi pemasaran," ungkap Johnny.


Mengenai kenaikan harga Avanza sebesar Rp3 juta, Menurut Johnny tidak akan memberatkan konsumen lantaran masih terbilang kecil.


"Alasan utama kami ingin memberikan keamanan yang terbaik untuk konsumen. Kalau dihitung-hitung penambahan ini bisa lebih dari Rp3 juta, bahkan bisa sampai Rp4-5 jutaan," tambah Johnny.


Hal senada juga diungkapkan,
Marketing Director
Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra. Berdasarkan survei terbaru yang dilakukan Daihatsu, ternyata saat orang membeli mobil, faktor keamanan meningkat menjadi nomor tiga, di mana sebelumnya menjadi pilihan nomor lima.


"Jadi sejak tahun lalu kita melihat kecenderungan konsumen Indonesia membeli low MPV, nomor satu karena eksterior menarik kemudian irit bahan bakar, dan ketiga karena faktor keamanan," katanya.


Untuk nomor satu dan dua, Xenia sudah memilikinya. Sedangkan nomor tiga belum ada. Atas dasar itulah, Daihatsu memutuskan menambah fitur airbag.


Ditambah lagi banyaknya peristiwa kecelakaan lalulintas yang menjadi masukan Daihatsu. "Xenia lawas tidak akan lagi dijual, mulai hari ini yang akan dipasarkan menggunakan airbag," katanya sambil menegaskan target penjualan Xenia bertambah dari 5.000 unit menjadi 7.000 unit.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya