Mobil Tipe Ini Paling Diincar Pencuri di Indonesia

Smart Alarm System No Doubt
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Mahaputra

VIVAnews - Tingginya penjualan kendaraan bermotor roda empat di Indonesia ternyata diikuti pula dengan meningkatnya angka pencurian mobil. Tercatat, sebanyak 853 unit mobil dicuri pada 2010. Angka itu kembali melonjak di tahun berikutnya, yaitu 1.440 unit.

PKS Bakal Gelar Halal Bihalal Sabtu, Prabowo-Gibran dan Semua Parpol Diundang

"Dari angka yang dirilis Mabes Polri itu didominasi oleh mobil yang banyak digunakan konsumen dalam dua tahun terakhir ini, yaitu Avanza-Xenia," kata General Manager Rema Tip Top Indonesia--produsen Smart Alarm System (No Doubt), Henson Burhan kepada VIVAnews.

Lebih spesifik, kata dia, tipe mobil paling banyak diincar kawanan pencuri adalah mobil yang menggunakan kunci kontak konvensional. "Model seperti biasanya mudah dibobol dengan kunci T, terlebih jika pemiliknya tidak menggunakan kunci pengamanan ganda," katanya.

Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah

Menurut Henson, saat ini ada sekitar 2,5 juta unit mobil tipe kunci konvensional yang beredar di Jabodetabek. "Tentu ini sangat berpotensi mudah untuk dicuri," imbuhnya.

Belakangan, para produsen mobil telah menggunakan push start button (keyless) --menghidupkan mobil cukup dengan menekan tombol dan Immobilizer (mesin akan mati jika dirusak menggunakan kunci T), pada model terbarunya. Dari segi keamanan untuk menghidari aksi pencurian, fitur ini lebih bagus serta canggih dibanding kunci kontak manual.

Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto Singgung Lahan 3 Ribu Hektare di Musrembang

Tapi masalahnya, lanjut dia, fitur ini harganya sangat mahal dan baru ada di mobil keluaran baru. Melihat kondisi ini, pihaknya menawarkan Smart Alarm System, yang diberi nama "No Doubt". Alarm pintar ini tidak hanya dikontrol melalui remote, tapi ponsel pemilik mobil. 

"No Doubt" merupakan sistem 3-in-1 yakni alarm, GPS, dan Push Start Button. Fitur yang dimiliki alarm GPS, anti-hijacking (anti pembajakan), SOS button, engine immobilizer, start/stop engine by remote control, dan handphone, automatic alarm, push start button (keyless), serta voice monitor.

"Alarm ini nantinya akan membidik mobil-mobil yang belum menggunakan alarm atau masih menggunakan alarm konvensional, berkunci kontak, market leader, dan sering dicuri," katanya.

Untuk harganya, "No Doubt" dilepas Rp3,5 juta --termasuk pemasangan dan garansi 1 tahun. Adapun untuk harga promosi setelah peluncuran Rp3 juta. 

Mobil yang bisa menggunakan alarm ini di antaranya, Toyota Avanza, Innova, Rush, Yaris, Camry, Fortuner, Honda Civic, CR-V, Freed, dan Jazz. Kemudian Suzuki Baleno, Carry, Splash, Ertiga, APV, Nissan Livina, X-Trail, Evalia, Daihatsu Xenia, Terios, Luxio, Mitsubishi Kuda, Grandis, Pajero, dan Isuzu Panther.

Selain itu, terdapat Hyundai Avega, Grand Avega, Mazda2, Chevrolet Captiva, Ford Everest, Fiesta, Proton Exora, BMW Seri-5, dan KIA Picanto. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya