Yang Membuat All New Vios Tertinggal 10 Tahun dari Honda City

Tampilan belakang All New Vios
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVAnews - Toyota Astra Motor baru saja meluncurkan sedan entry level, All New Vios. Mobil ini mengalami perubahan total dari segi desain eksterior dan interior. Namun, sayangnya, untuk tagline justru tertinggal 10 tahun dari seteru abadinya, Honda City.

Diketahui, tagline "Beyond Expectation" yang diusung All New Vios sudah pernah dipakai oleh Honda saat mereka meluncurkan City lawas pada 2003. Dan kini, Honda justru telah mengganti tagline "Expect Nothing Less" pada New Honda City.

Honda Prospect Motor mengatakan, digantinya tagline lantaran generasi anyar Honda City sudah melebihi ekspektasi konsumen. Tagline "Beyond Expectation" digunakan ketika City lawas diluncurkan.

"Honda menggunakan tagline 'Beyond Expectation' sejak 2003 hingga 2008. Saat itu, New Honda City lahir dengan melebihi harapan konsumennya. Sekarang, untuk City generasi baru sudah tidak lagi, karena ekspektasi itu sudah dirasakan konsumen," kata Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy, Jumat 10 Mei 2013.

Generasi anyar City diklaim hadir dengan beberapa perubahan radikal, termasuk soal desain yang lebih sporty dengan meninggalkan kesan membulat.

Kematiannya Dianggap Tak Wajar, Makam Seorang Pria di Garut Dibongkar

Perihal persamaan tagline itu langsung dijawab oleh Widyawati Soedigdo, GM Corporate Planning and Public Relation, GM Customer Service, Toyota Astra Motor. Menurut dia, hal itu bukanlah masalah.

"Karena, mungkin waktu itu (tahun 2003), Honda punya konsep dan filosofi yang sama untuk Honda City. Tapi, sekarang, mereka sudah tidak menggunakan lagi, karena sudah diganti," kata Widyawati.

Dia menambahkan, "Beyond Expectation" pada Toyota Vios adalah headline dan bukan tagline. Sementara itu, tagline All New Vios adalah "Fuel Saver, Speed Maker". Headline, menurut dia, bisa diubah kapan saja, sedangkan tagline biasanya terus melekat, meskipun produknya berubah total.

"Perang" tagline dua seteru abadi ini menjadi bumbu tersendiri, yang membuat persaingan makin panas di segmen mini sedan. Penggunaan tagline rupanya jadi pelajaran berarti, agar tidak sekadar menjadi followers yang sudah digunakan oleh merek lain, terlebih kompetitor utama dari produk tersebut.

Di sisi lain, penggunaan tagline diperlukan proses check dan recheck, jangan sampai justru sudah pernah dipakai 10 tahun lalu oleh kompetitor. Mengingat, produk yang dijual adalah model paling baru, artinya akan lebih mundur jika tagline yang diusung malah lawas.

Diketahui, New Honda City masih memegang pangsa pasar segmen mini sedan. Setidaknya hingga Maret 2013, New City terjual sebanyak 1.168 unit, dan Februari sebagai penjualan terbaik yang mencapai 573 unit. Untuk model terlarisnya tipe E transmisi otomatis.

Sedangkan Toyota New Vios hanya terjual sebanyak 408 unit sepanjang 2013. Kondisi yang tertinggal diharapkan bisa dikejar dan disalip dengan kehadiran All New Vios.

Berikut komparasi harga New City dengan All New Vios:

New City S Manual Rp266.000.000
New City E Manual Rp275.000.000
New City S Otomatis Rp281.000.000
New City E Otomatis Rp290.000.000

All New Vios E Manual Rp242.500.000
All New Vios E Otomatis Rp252.000.000
All New Vios G Manual Rp259.900.000
All New Vios G Otomatis Rp272.500.000

(art)

Erdogan: Selama Masih Hidup, Saya Akan Terus Bela Perjuangan Palestina
Juru bicara militer Israel, Daniel Hagari menunjukkan bangkai rudal Iran

Klaim Tangkis 99 Persen Serangan Rudal dan Drone Iran, Pakar Militer Sebut Israel Halu

Pakar militer Israel, Or Fialkov, pada Rabu setempat mengatakan bahwa bahwa pihak berwenang Tel Aviv memberikan informasi palsu soal serangan Iran.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024