Harga Vios Baru Naik Rp20 Juta, Dipakai Juga untuk Taksi

All New Vios
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi
VIVAnews
Otorita IKN Dukung Pengembangan Ekosistem Startup di IKN
- Harga Vios generasi baru naik sampai Rp20 juta dibanding generasi lawas. Keputusan itu terbilang berani lantaran pasar sedan tengah sepi, dan harga Vios dikenal selalu di bawah kompetitor.

29 Pati TNI Naik Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Menurut Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM), Johnny Dharmawan keputusan menaikan harga Vios baru karena sejak pertama kali diluncurkan, harga Vios selalu berada di bawah kompetitor, yakni Honda City.
Kronologi Pengeroyokan 4 Pria di Depan Polres Jakpus yang Dipicu Pemukulan Terhadap Anggota TNI


"Saat Vios masuk ke Indonesia, kami sebagai
follower
kompetitor. Dan dulu sedan yang dominasi juga bukan Toyota. Saat kita masuk tidak memikirkan harganya, sehingga bisa di bawah kompetitor," kata dia.


Lebih lanjut, ia menyampaikan Vios yang sudah 10 tahun berada di Indonesia, hingga saat ini masih diimpor untuh dari Thailand. Namun, TAM tidak menampik ketertarikannya untuk memproduksi Vios di Indonesia.


"Niatan itu sudah ada sejak dulu, tapi kita masih melihat dan mempelajarinya. Karena pasar sedan hanya banyak di kelas entry level," kata dia.


Pangsa pasar Vios di segmen sedan
entry level
memiliki
market share
di atas 40 persen pada 2012, atau membukukan total penjualan 3.122 unit. "All New Vios memiliki target penjualan 300 unit per bulan," ujarnya.


Jadi Taksi

All New Vios kemungkinan besar akan digunakan juga untuk armada taksi. Meski nantinya, interiornya berbeda. "All New Vios kemungkinan masih jadi taksi, namun dengan interior yang berbeda, tapi dengan platform yang sama," tambah Johnny.


Perbedaan untuk taksi ada di velg, grill, dan interiornya akan disesuaikan dengan kebutuhan taksi. Sementara harga yang dibanderol TAM untuk All New Vios reguler seharga Rp242,5 sampai Rp272,5 juta, tidak masuk untuk armada taksi. (adi)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya