Keunggulan Mobil Bermesin Diesel

Launching Grand New Fortuner VNTurbo with Intercooler
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Minimnya pengetahuan terhadap mesin diesel, membuat masyarakat enggan membeli mobil dengan tipe tersebut. Padahal, dari segi konsumsi bahan bakar, mesin diesel lebih irit dibanding bensin.

Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, produsen mobil pun terus melakukan inovasi terhadap mesin diesel. Salah satunya yang banyak digunakan sekarang, yakni mesin diesel common rail --diklaim jauh lebih baik daripada mesin diesel konvensional.

Menurut Trainning Center Head Isuzu Astra Motor Indonesia, Reiner Tandiyono, selain lebih irit, penggunaan mesin diesel common rail juga lebih mudah dalam perawatan.

"Dengan diesel common rail, pengaturan untuk injeksi, waktu, jumlah, dan tekanan bisa diatur dibanding mesin konvensional. Dan untuk perawatan, asal bisa menjaga kualitas dari solar, maka permasalahan lebih minim," kata Reiner saat "Workshop Teknologi Mesin Diesel" di Trainning Center Isuzu, Pondok Ungu, Bekasi, Senin 6 Mei 2013.

Berikut empat kelebihan dari mobil yang telah disematkan mesin diesel common rail:

Pertama, emisi yang dihasilkan mesin diesel common rail lebih rendah, sedangkan output lebih tinggi. Kondisi itu membuat tekanan injeksi yang tinggi di setiap level penggunaan.

Kedua, dapat mengurangi suara dan emisi, dalam kaitannya dengan pengontrolan jumlah injeksi.

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku

Ketiga, bisa memperbaiki performa, di mana pengaturan waktu penginjeksian lebih fleksibel.

Keempat, pengaturan tekanan injeksi luas, terutama dalam merespons putaran mesin dan beban. (art)

Gunung Marapi Kembali Erupsi, Terjadi Hujan Abu Vulkanik dan Ganggu Penerbangan
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto bersyukur suara yang diperoleh partainya pada Pemilu 2024, naik signifikan. Airlangga berterima kasih ke kader dan para caleg

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024