Review: Menguji Kemampuan Ertiga Matik

Pesta Mobil Suzuki Ertiga 2012
Sumber :
  • VIVAlife/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews
Mak Vera Tepati Janji, Datang ke Makam Olga Syahputra Tengah Malam
- PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada 17 Mei mendatang siap memperkenalkan varian terbaru dari Suzuki Ertiga, yaitu Ertiga transmisi otomatis (matik). Varian teranyar ini hanya terdapat pada tipe GL dan GX.

Meski Negaranya Tengah Dilanda Aksi Terorisme, Rusia Tetap Kirim 29 Ton Bantuan ke Gaza

Dengan hadirnya keluarga baru dari Ertiga ini, mobil berkapasitas tujuh penumpang tersebut akan dilepas dengan harga Rp173,8 juta (tipe GL) dan Rp185,8 juta (tipe GX)
Legislator Soroti Daya Beli Gen Z di Jakarta, Bisa Berkontribusi Besar Kendalikan Inflasi
on the road Jakarta.

Namun, sebelum diluncurkan, Suzuki mengajak sejumlah awak media dari berbagai media, termasuk VIVAnews untuk menjajal 18 Ertiga matik dari Jakarta-Bogor-Jakarta.

Kawasan SCBD, Jakarta Selatan, dijadikan titik start rombongan media untuk melakukan test drive
Suzuki Ertiga matik.


Ketika
VIVAnews
melihat mobil tersebut pada sisi eksterior, tidak ada yang berubah sama sekali, sama seperti Ertiga manual yang telah diluncurkan 22 April tahun lalu. Demikian juga saat melongok ke bagian kabin.


Hanya saja, Suzuki mengklaim Ertiga matik yang dilengkapi dengan beberapa fitur-fitur andalannya, mengandung unsur AMIN (Aman, Mewah, Irit bahan bakar, Nyaman).


Untuk kata Aman, aspek keamanan di antaranya
dual SRS airbag
(tipe GX) pada pengemudi dan penumpang depan,
side impact beam
,
anti lock braking system
dan
electronic brake force system
(ABS dan EBD) (tipe GX),
immobilizer
serta
keyless entry
(tipe GL, GX),
collapsible steering column
--setir patah saat terjadi benturan, sehingga mengurangi risiko cedera pada pengemudi, dan
safety belt
untuk 7 penumpang.


Selanjutnya, kata Mewah, nuansa mewah terlihat dari dasbor dan ruang interiornya yang dibuat dari bahan yang didominasi warna beige yang elegan. Serta dilengkapi sistem
integrated audio 2-DIN system
, koneksi USB serta tombol kontrol audio yang menyatu dengan setir,
tilt steering
, dan
panel multi information display
(MID). Pada eksterior, grill depan krom terlihat modern dan garnish belakang krom yang
stylish
.


Sementara itu, kata Irit, dimaksudkan Ertiga matik mengusung mesin generasi terbaru Suzuki K14B, yang diklaim ringan dan bertenaga. Ditambah lagi dengan adanya teknologi
Variable Valve Timing
(VVT),
Multi Point Injection
(MIP), "drive by wire" sistem pada pedal gas, sistem penggerak roda depan (
Front Wheel Drive
) untuk akselerasi lebih responsif, dan tentunya efisiensi bahan bakar.


Bahkan, jika dirata-rata saat perjalanan Jakarta-Bogor-Jakarta, konsumsi rata-rata rombongan
Media Test Drive
Ertiga matik ada yang sanggup mengonsumsi 15 km/liter serta 16 km/liter.


Sedangkan kata Nyaman, dikarenakan pesaing Avanza-Xenia ini telah memiliki
monocoque body
,
one touch action
pada kursi di baris kedua yang dapat digeser hingga 240mm, sehingga ruang penumpang terasa lebih besar serta dilengkapi sandaran tangan.


Benar saja, dengan kursi baris kedua dapat digeser ke depan-belakang, kaki dan dengkul terasa lega serta leluasa. Jika tinggi badan mencapai lebih dari 170 cm, tetap akan terasa nyaman.


Saat memasuki jalan Jakarta hingga tol dalam kota, transmisi matik memang sangat dibutuhkan. Padatnya jalanan Jakarta memudahkan pengemudi tak harus pegal menginjak kaki pada kopling, rem, serta tangan sibuk dengan tuas transmisi.


Memasuki jalur tol,
VIVAnews
juga sempat menjajal performa mesin K14B berkapasitas 1,4 liter. Meski hentakan perpindahan gigi masih terasa terutama saat berada di atas 100 km. Jika dinilai dari segi mobil keluarga, Ertiga cukup mumpuni, karena saat kecepatan 160 km/jam masih terasa stabil.


Kondisi tol Jagorawi yang cukup dapat, membuat
VIVAnews
enggan menancapkan gas lebih dalam karena alasan keselamatan dan keamanan.


Di saat kecepatan tinggi,
VIVAnews
juga sempat melakukan pengereman, dan hasilnya sistem ABS memang berfungsi. Hal itu terasa dengan bunyi decit ban dan terasa getaran layaknya melewati jalur bebatuan.


Jalan kota Bogor yang menanjak serta berkelok ternyata sanggup dilewati Ertiga matik tanpa ada masalah apa pun.


Secara keseluruhan, MPV ini memang cocok sebagai mobil keluarga. Harga kompetitif dan fitur-fitur yang diberikan lebih banyak dibanding kompetitor. Untuk jantung pacu dinilai cukup lumayan bandel, meski berada di jalur lurus ataupun menanjak. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya