OTOMOTIF

105 Tahun Kebangkitan Nasional, 1.500 Moge Serbu Garut

Ada juga 5.000 motor di bawah 400cc yang ikut Garut Bike Week 2013.
Rabu, 1 Mei 2013
Oleh : Sandy Adam Mahaputra
Garut Bike Week 2013
VIVAnews - Keberadaan motor gede (moge) di Indonesia makin populer. Berbagai kegiatan pun banyak dilakukan dari komunitas motor tipe ini, yang terbaru adalah Garut Bike Week 2013.

Acara yang memanfaatkan peringatan 105 tahun Kebangkitan Nasional ini bakal diikuti 1.500 moge dari berbagai daerah di Indonesia. "Jumlah itu akan bertambah lagi dengan keikut sertaan klub-klub penggemar sepeda motor dengan kapasitas silinder di bawah 400cc," kata Presiden Pirate Bikers Club, Edi Suyitno--ketua panitia GBW di Jakarta, Rabu 1 Mei 2013.

Berdasarkan data terakhir, kata Edi, ada sekitar 5.000 sepeda motor di bawah 400cc yang menyatakan berpartisipasi di Garut Bike Week 2013. "Untuk klub Moge dari mancanegara juga ikut serta, seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand," katanya.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk membangkitkan rasa nasionalisme para biker pada hari Kebangkitan Nasional ke-105. Nantinya, para biker yang hadir juga melakukan Janji Nasional ala Bikers dan menandatangani Tugu Nasional. "Acara ini juga merupakan rangkaian kegiatan dalam menyambut 2 abad kota Garut dan Visit Jabar 2013," tambah Edi.

Berbagai kegiatan telah disiapkan panitia Garut Bike Week 2013 yang berlangsung pada 24-24 Mei di Lapangan Sidarto Yonif 303, Cikajang, Garut, Jawa Barat. Seperti Bazaar, aksesoris, kontes motor, bursa motor bekas, pertunjukan kesenian daerah, Parade 100 Mojang, musik, dance, show bike, games, dan atraksi bela diri Yonif 303.

Yang menarik dalam Garut Bike Week 2013 adalah kegiatan kursus menembak sasaran bersama tim Yonif 303. Dimana para pengunjung bisa secara langsung melihat dan mencoba menggunakan senjata api.

Tak ugal-ugalan

Seluruh peserta yang ikut serta dalam acara tersebut dipastikan menaati seluruh peraturan lalulintas, serta memperhatikan aspek safety riding. "Semua peserta yang berangkat dari masing-masing kota seperti Jakarta tidak akan ugal-ugalan. Jadi semua aspek diperhatikan, mulai dari kondisi motor, biker, serta kontur jalan," kata Freddy Soemitro, Pembina Pirate Bikers Club.

Diketahui, aktor senior Sophan Sophiaan kecelakaan saat mengikuti touring Harley Davidson, 17 Mei 2008. Di mana acara itu merupakan rangkaian kegiatan mengendarai motor gede dengan tema 'Jalur Kebangkitan'. Kegiatan itu dalam rangka menyemarakkan 100 Tahun Kebangkitan Nasional.

"Beberapa kejadiaan kecelakaan moge yang terbaru Uje, jadi perhatian kita para biker. Tentu kita harus tetap waspada dan memperhatikan berbagai aspek keselamatan ketika mengendarai moge," ujarnya. (eh)
TERKAIT