FOTO: Mengungsi dari Korea Utara, Sedan Dipaksa Angkut Barang

Pekerja asal Korea Selatan mengungsi dari Kaesong
Sumber :
  • Dailymail
VIVAnews
Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans
- Konflik kedua negara sedarah, Korea Selatan dan Korea Utara makin memanas. Bahkan, terakhir Korsel menepati pernyataannya untuk menarik seluruh pekerja mereka yang masih tersisa di kawasan industri Kaesong.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

Keputusan ini diambil setelah Korea Utara menolak tawaran formal untuk berdialog mengenai kemungkinan pembukaan kawasan yang dibangun tahun 2003 itu.
Putra Tamara Bleszynski Ditabrak Orang Tak Bertanggung Jawab di Depan Rumah


Keputusan itu membuat 175 warga Korea Selatan diminta segera mengungsi kembali ke negaranya. Warga Korsel ini adalah pekerja di perusahaan gabungan (Korsel dan Korut) di industri Kaesong.


Situasi yang makin tegang dan tak menentu, membuat para pengungsi panik dan bergerak cepat. Bahkan, mereka menjejalkan semua barang-barang bawaan pada kendaraan yang digunakan, salah satunya sedan.


Sedan yang umumnya digunakan membawa empat atau lima penumpang, justru dipaksa mengangkut barang yang ditumpuk dari kap mesin, atap hingga atas bagasi.


Mereka rupanya menjadikan semua kendaraan yang dimilikinya untuk difungsikan sebagai pengangkut barang dalam situasi darurat ini.


Industri Kaesong yang berada di wilayah Korea Utara diketahui memberikan pemasukan keuangan yang besar bagi Korut. Setiap tahunnya kawasan itu menyumbang dana senilai US$90 juta atau Rp875 miliar. Itu dihasilkan salah satunya dari sebagian upah tiap pekerja Korut yang bernilai Rp1,3 juta.


Pekerja asal Korea Selatan mengungsi dari Kaesong

Pekerja asal Korea Selatan mengungsi dari Kaesong

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya