Para Pesohor yang Tewas Saat Mengendarai Moge

Kondisi motor Uje usai kecelakaan
Sumber :
  • VIVAnews/Taufik Rahadian
VIVAnews
Fakta Unik Ernando Ari Usai Gagalkan Penalti Australia di Piala Asia U-23
–  Menurut data Road Safety Indonesia (RSA) Indonesia, pada 2012 setidaknya setiap satu jam sekali rata-rata ada 13 kecelakaan, dan menyebabkan tiga orang tewas.

Viral Sosok Wanita Tersubur di Dunia, Lahirkan 44 Orang Anak Tanpa Suami yang Menafkahi

Yang menyedot perhatian, Jumat26 April 2013, dini hari tadi,  Ustaz Jeffry Al Buchori atau yang dikenal dengan sebutan Uje meninggal dunia saat menunggangi motor sport Kawasaki E650 bernopol B 3590 SGQ.
GP Ansor Ungkap Makna Gowes 90 KM, Simbol Perjuangan Menuju Indonesia Emas 2045


Kecelakaan moge yang menyebabkan si pengendara meninggal dunia bukan kali ini saja terjadi. Ada publik figure lainnya yang juga mengalami insiden serupa

Berikut orang-orang ternama yang meninggal akibat mengendarai motor gede (moge):

1. Adi Firansyah

Sabtu sore, 23 Desember 2006, aktor sinetron dan bintang iklan ini meninggal dunia karena kecelakaan sepeda motor, di daerah Hankam-Cikunir, Bekasi.


Adi yang meningalkan seorang putri benama Chavia Zagita Firansyah, saat itu mengendarai moge sport asal Jepang Kawasaki ZX 7R 750 lansiran 2004.


Saat berkendara, Adi menabrak sebuah Honda Supra Fit yang dikendarai Aski, bocah berusia 9 tahun. Baik Adi maupun Aski tewas karena mengalami luka dalam yang cukup parah.


2. Sophan Sophiaan

Suami dari Widiawati ini meninggal pada 17 Mei 2008, dalam kecelakaan saat mengikuti touring Harley Davidson.


Di mana acara tersebut merupakan rangkaian kegiatan mengendarai motor gede dengan tema 'Jalur Kebangkitan'. Kegiatan itu dalam rangka menyemarakkan 100 Tahun Kebangkitan Nasional.


Saat melewati jalanan di Ngawi, Jawa Timur, rombongan melintasi lubang di perbatasan. Moge Harley yang dikendarai Sophan terkena lubang hingga ia terjatuh. Motornya terguling dan tubuhnya tertimpa motor, serta membentur batu jalanan. Bagian dada Spohan mengalami benturan keras.


Sophan yang juga menjadi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, akhirnya menghembuskan nafas terakhir sekitar pukul 10.00 WIB di RS Sragen, Jawa Tengah.


3. Andre J Mamuaya

Direktur Corporate Affair PT Adaro Indonesia Tbk ini meninggal dalam kecelakaan tunggal saat menaiki motor Ducati PaulSmart Sport Classic Limited Edition di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa 21 Agustus 2012.


Menurut sejumlah saksi, motor Ducati berwarna merah dengan nomor polisi B 5555 XS yang dikendaraai melaju dengan kecepatan sangat tinggi dari arah Bundaran Hotel Indonesia menuju Blok M.


Saat kecelakaan Andre sempat dibawa ke rumah sakit. Tapi sayang nyawanya tak tertolong, dia menghembuskan nafas terakhir di sekitar pukul 12.39 WIB.


Ducati PaulSmart merupakan motor model klasik yang dibuat khusus sekitar tahun 2008. Harganya sekitar Rp400 juta.


Ducati PaulSmart menggunakan mesin 992 cc, air cooled, yang bisa menyemburkan daya 92 bhp di 8000 rpm dan torsi maksimal 67,3 lb-ft di 6000 rpm. Mesin itu dikawinkan dengan transmisi 6 percepatan.


4. Ustadz Jeffry Al Buchori

Pria yang dikenal dengan sebutan Uje, meninggal dunia, akibat kecelakaan sepeda motor yang terjadi di kawasan Jalan Gedung Hijau Raya, Pondok Indah, Jakarta Selatan.


Uje dilarikan ke RS Pondok Indah, namun sayang nyawanya tidak bisa diselamatkan. Saat insiden terjadi, Uje menunggangi motor sport Kawasaki ER-6n bernopol B 3590 SGQ.


Kawasaki ER-6n dibekali mesin 649 cc, 4 stroke parallel twin silinder DOHC, 8 valve, yang dilengkapi sistem pendingin mesin berupa cairan. Tenaga yang dihasilkan mencapai 72,1 daya kuda di 8.500 rpm dan torsi sebesar 64 Newton meter pada 7.000 rpm. Tenaga disalurkan ke roda dengan transmisi enam tingkat kecepatan.


Motor yang memiliki tangki bahan bakar berkapasitas 19 liter ini, mampu melesat hingga 150-170 km/jam. Dengan konsumsi BBM 1:18 kilometer. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya