OTOMOTIF

VIDEO: Iran Pamer Kekuatan Militer Angkatan Darat

Dalam parade tersebut, Iran memperlihatkan rudal pertahanan udara.
Sabtu, 20 April 2013
Oleh : Iwan Kurniawan
Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad

VIVAnews - Iran memperingati hari Angkatan Darat nasional di Teheran dengan sebuah parade akbar yang memamerkan sistem pertahanan udara terbarunya, S 200. Rudal ini pertama kali diperlihatkan pada publik pada September 2012 silam.

S 200 merupakan peluru kendali darat ke udara buatan rusia. Rudal ini dirancang untuk melacak dan menghancurkan pesawat dan rudal penjelajah.

Dalam parade tersebut Iran juga memperlihatkan pesawat tanpa awak buatan sendiri bernama Karrar. Pesawat tanpa awak tersebut mampu membawa rudal dan menjelajah hingga 2 ribu kilometer. Lihat videonya di sini.

Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad, mengatakan kehadiran militer asing di sekitar kawasan Timur Tengah dan selat Hormuz merupakan sumber pengganggu keamanan. Meski tidak menyebut spesifik, namun kemungkinan besar militer asing yang disinggung Ahmadinejad adalah armada kelima AS yang berada di Bahrain.

Kepala Staf Angkatan Bersenjata Iran, Jenderal Hassan Firouzabadi dalam kesempatan yang sama juga menyingung Israel dan  mengancam akan menyerang negeri itu. Ia menantang Israel dan siap hancurkan negeri itu jika mereka mengusik Iran.

Baca juga:

Volume Penjualan Tembaga Freeport Indonesia Mulai Naik

Buka Situs Belanja Online, Omzet Puluhan Juta Rupiah

Racun Ricin Untuk Obama, Bagaimana Cara Kerjanya?

Ayah Pelaku Bom Boston: Anak Saya Dijebak

TERKAIT