Ada Etios dan Brio, Mobil Seken Ini Tetap Diburu

Ilustrasi jual beli mobil bekas.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews
Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid
– Gempuran model baru khususnya
citycar
Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi
di Indonesia pada kuartal pertama 2013, tidak terlalu banyak berpengaruh pada penjualan mobil bekas.
Polisi Sebut Kecelakaan Beruntun di GT Halim Libatkan 9 Kendaraan

"Yang mempengaruhi mobil penjualan mobil bekas awal tahun adalah diskon. Dengan diskon yang banyak dan besar, mereka (konsumen) lebih memilih mobil baru," kata Senior Marketing Manager WTC Mangga Dua--perusahaan pengelola mal mobil bekas, Herjanto Kosasih kepada
VIVAnews
, Rabu 17 April 2013.


Jadi menurut dia, kehadiran model baru bukanlah ancaman terhadap penjualan mobil seken. "Sepanjang mereka (distributor resmi) tidak kasih diskon, penjualan mobil seken akan tetap banyak, itu yang penting,” ucap Herjanto.


Herjanto mengatakan, penjualan mobil seken di bursa mobil bekas WTC Mangga Dua, hingga saat ini masih masih dikuasai mobil keluarga, yakni MPV (
Multi Purpose Vehicle
) dan
hatchback
, seperti Xenia, Avanza, Yaris, dan Jazz.


Di kuartal pertama 2013, penjualan mobil seken hanya mencapai 6.900 unit. Jumlah ini menurun jika dibandingkan kuartal yang sama pada tahun lalu yakni sekitar 7.700 unit.


Berdasarkan data Gabungan Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan
citycar
di awal kuartal 1/2013 mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Mulai dari 2.337 unit di Januari, menjadi 3.922 unit pada Februari, dan 6.506 unit pada Maret lalu.


Peningkatan
citycar
tidak lepas dari dua produsen mobil yang meluncurkan mobil baru di kelas tersebut, seperti Honda Brio dan Toyota Etios Valco.


Keduanya mendapatkan respon positif di pasar lantaran memiliki harga relatif terjangkau, khususnya bagi mereka yang baru beralih dari sepeda motor ke mobil. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya