Kicauan Miliuner Arab Dukung Perempuan Nyetir

Pangeran Arab Saudi, Alwaleed Bin Talal
Sumber :
  • REUTERS / Fahad Shadeed
VIVAnews
Arti dan Peran Amicus Curiae yang Diajukan Megawati dan Habib Rizieq ke MK
- Seorang miliuner yang juga pangeran Arab Saudi, Alwaleed bin Talal, kembali menyatakan dukungan agar kaum hawa di negaranya diberi hak untuk mengemudi.

Toyota Fortuner Hybrid Sudah Ada di Diler, Segini Harganya

Dilansir
Heboh Warga Dubai Asyik Main Jet Ski saat Kebanjiran, Warganet: Baru Mau Kirim Mi Instan
CNN dan BBC
, dukungan itu disampaikan Pangeran Alwaleed bin Talal melalui akun Twitter miliknya. Menurutnya, jika kaum perempuan diberi hak mengemudi, maka akan membantu ekonomi dan mengurangi jumlah sopir asing.


"Perempuan mengemudi akan mengurangi setidaknya 500.000 pengemudi asing, dan hal itu memiliki dampak ekonomi dan sosial bagi negara," kata Pangeran Alwaleed bin Talal.


Meski tidak ada undang-undang khusus yang melarang, fatwa ulama sering dipakai untuk melarang kaum perempuan menyetir dan ini memaksa mereka menggunakan sopir asing.


Memang tak ada rincian keuntungan ekonomi yang mungkin didapat jika wanita diperbolehkan mengemudi, tetapi sejumlah pejabat Arab Saudi khawatir akan jumlah uang yang dikirim ke luar negeri oleh pekerja asing.


Banyak rumah tangga di negara itu juga akan memiliki uang lebih bila mereka tidak membayar sopir asing.


Dukungan Pangeran Alwaleed disambut positif oleh aktivis hak perempuan Wajeha Al-Huwaider. Namun, dia pesimis pernyataan itu bisa mengubah situasi.  "Saya pikir dia hanya ingin membuat berita utama, tapi kemudian tidak ada perubahan itu," katanya.


Hampir sembilan juta pekerja asing diperkirakan bekerja di Arab Saudi saat ini, dan mereka yang tidak memiliki izin bekerja telah dipulangkan secara berkala. (umi)


Baca Juga













Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya