Mobil Baru Banjir Diskon Besar, Mobil Bekas Sepi Peminat

Penjualan mobil bekas anjlok di kuartal pertama 2013.

Rabu, 17 April 2013, 15:20 Sandy Adam Mahaputra, Herdi Muhardi
Bursa mobil bekas
Bursa mobil bekas (VIVAnews/Ikhwan Yanuar)
VIVAnews – Berbagai cara dilakukan distributor mobil guna menarik minat konsumen. Mulai dari iming-iming hadiah, hingga diskon besar-besaran.

Strategi tersebut tentu menguntungkan penjual mobil baru, tapi di lain pihak justru membuat bursa mobil bekas lesu. Seperti yang terjadi di bursa mobil WTC Mangga Dua.

Menurut Herjanto Kosasih, Senior Marketing Manager WTC Mangga Dua--perusahaan pengelola mal mobil bekas, di kuartal pertama 2013 penjualan mobil seken menurun.

"Kuartal pertama ini penjualan kita turun jadi 6.900 unit, sedangkan kuartal pertama tahun lalu mencapai 7.700 unit," kata Herjanto kepada VIVAnews, Rabu 17 April 2013.

Menurut Herjanto, penurunan itu disebabkan banyaknya diskon besar-besaran yang diberikan distributor mobil baru.

"Selain itu konflik Jepang-China juga mempengaruhi. Banyak produk Jepang yang harusnya di kirim ke China dibuang ke Asia, dan yang paling banyak ke Indonesia," kata Herjanto.

Dengan begitu stock mobil baru pun menjadi berlimpah. Agar tidak menumpuk di gudang, mobil-mobil itu diberikan diskon cukup besar, supaya laku terjual.

Lebih lanjut, Herjanto mengungkapkan untuk mobil seken yang paling banyak dicari di kuartal pertama adalah Daihatsu Xenia, Toyota Avanza, Toyota Yaris, dan Honda Jazz. "Masih didominasi MVP (Mutli Purpose Vehicle) dan Citycar," ujarnya lagi. (eh)


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com