Tips Sederhana Menghemat BBM Kendaraan

Kaca Film V-Kool menolak sinar ultra violet hingga 99 persen.
Sumber :
VIVAnews
3 Orang Tewas Imbas Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru
- Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghemat bahan bakar kendaraan, diantaranya dengan mengubah cara berkendara dan memperlakukan kendaraan sebaik mungkin.

Nikita Mirzani Beberkan Pemicu Kandasnya Jalinan Asmara Hingga Soal Kesetiaan

Ada banyak cara yang dapat dilakukan pada kendaraan yang kita miliki agar berhemat menyiasati tingginya harga BBM di negeri tercinta ini. Berikut adalah tipsnya :
Kasus Pemerasan Firli Bahuri Mandek, Kombes Ade Safri: Pasti Tuntas


Pertama
, saat mengendarai kendaraan, usahakan membatasi kecepatan kendaraan. Usahakan menjaga kecepatan kendaraan rata-rata 60 km/jam.


Kedua
, memeriksa tekanan angin pada ban juga dapat membantu menghemat BBM. Jika tekanan angin pada ban kurang atau di bawah standar yang disarankan oleh pabrik, maka konsumsi BBM menjadi boros hingga 15 persen.


Ketiga,
cara lain untuk menghemat BBM adalah mengurangi beban mobil. Artinya, Jangan membawa beban atau barang berlebihan. Bila terlalu banyak muatan, mobil akan berat dan kerja mesin menjadi lebih berat. Akibatnya konsumsi BBM juga menjadi lebih banyak.


Keempat,
selain itu ada beberapa cara agar konsumsi BBM dapat hemat. Salah satu caranya adalah memasang kaca film. Dengan memasang kaca film dapat mengurangi penggunaan penyejuk udara atau AC untuk mendinginkan ruang kabin mobil. Pemakaian kaca film V-Kool akan menolak panas infra merah sinar matahari sebesar 98 persen.


Sinar matahari tidak terlalu menyebabkan panas kabin kendaraan, sehingga saat menyalakan atau menghidupkan penyejuk udara (AC) dapat dipasang pada tingkat minimum. Dampaknya, beban untuk menyalakan AC yang kecil itu akan meningkatkan efisiensi BBM mobil Anda.


Dari riset yang dilakukan oleh Departemen Energi Amerika Serikat dan Visteon Corporation, V-Kool dapat mengefisienkan pemakaian bahan bakar sebesar 3 persen dibandingan mobil dengan kaca film biasa. Hal ini setara dengan mengurangi emisi gas CO2 sebanyak 132 kg/tahun.


Kaca film V-Kool juga menolak sinar ultra violet hingga 99 persen. Dengan demikian, bagian dalam mobil akan terlindungi dari kerusakan dan penumpang juga terlindungi dari bahaya penuaan dini akibat paparan sinar ultra violet yang berlebih.


Ada kebiasaan, pemilik kendaraan sebelum pergi selalu memanaskan mesin mobil atau motor dengan waktu yang cukup lama. Nah, saat ini Anda tidak perlu memanaskan mesin mobil hingga lebih dari lima menit. Cukup beberapa menit, setelah itu mobil atau motor dijalankan secara perlahan dengan kecepatan konstan.


Beberapa tips di atas mungkin layak Anda coba sambil tentunya berusaha mencari bahan bakar alternatif, merencanakan setiap perjalanan Anda dengan mencari jalur alternatif atau mengurangi penggunaan kendaraan dan beralih ke moda transportasi yang ramah lingkungan. Selamat mencoba!
(webtorial)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya