Warga di Negara Hugo Chavez Pakai Terios Produksi RI

Daihatsu Terios Diva
Sumber :
  • Carmag
VIVAnews
Harley-Davidson Dapat Saingan Baru dari China
- Produksi mobil Daihatsu di Indonesia baru saja tembus 3 juta unit. Dari angka itu, kontribusi terbesar berasal dari Xenia dan Avanza--mobil kolaborasi dengan Toyota Astra Motor.

Jasa Marga Hentikan One Way Lokal di Tol Semarang-Solo

Tak cuma itu, model lain yang juga menjadi kartu "AS" mereka adalah Gran Max dan Terios. Kedua mobil itu diekspor ke luar negeri. Untuk Gran Max ke beberapa negara termasuk ke Jepang. Sedangkan Terios untuk pasar Amerika Selatan salah satunya di negara Hugo Chavez, Venezuela.
Vietnamese Sentenced to Death for $27 Billion Fraud Case


"Ini jelas suatu kebanggaan. Gran Max yang diproduksi di Indonesia justru diekspor untuk pasar Jepang, yang dikenal sangat memperhatikan kualitas. Belum lagi Terios yang sampai ke Amerika Selatan. Jadi kalau teman-teman nanti sempat ke Venezuela, Terios kita ada di sana," kata Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor, Senin 15 April 2013.


Selain Venezuela, negara lain adalah Chile. Terios memiliki harga start yang tidak berbeda jauh dibanding di Indonesia. Di kawasan tersebut, Terios yang punya nama lain Advantage (versi 7-penumpang) dilego 7.990.000 peso Cile atau setara Rp165 juta. Untuk di Indonesia, Terios dilepas Rp 163,5 juta--model termurah transmisi manual.


Amelia menambahkan, sampai tahun ini ekspor Daihatsu sudah sampai ke 65 negara. "Tahun ke tahun, ekspor Daihatsu meningkat. Tahun 2011 kita destinasinya hanya 35 negara, tapi selang satu tahun berikutnya meningkat menjadi 65 negara. Volume ekspor kita sekitar 15,5 persen," ujarnya.


ADM juga rutin mengekspor Gran Max ke Jepang sebagai kendaraan niaga. Mobil yang hadir dengan pilihan model minivan dan pikap ini menggunakan label Toyota. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya