Daftar Motor Matik dan Bebek Honda yang Banyak Dibeli

All New Honda BeAT Injeksi. Ilustrasi.
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVAnews - PT Astra Honda Motor (AHM) mengakhiri kuartal pertama 2013 dengan menguasai 70,9 persen pasar sepeda motor skutik atau menjual 870.874 unit. Capaian ini semakin memperkokoh posisi Honda sebagai Raja Skutik dan Bebek Tanah Air.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI), sepanjang kuartal I tahun ini, total penjualan pasar motor skutik tercatat 1.228.963 unit atau tumbuh 16,6 persen dibandingkan dengan periode Januari-Maret 2012.

Angka itu lebih lebih tinggi karena dibandingkan dengan kuartal I/2012 yang hanya 649.794 unit, tercatat terjadi lonjakan penjualan sebesar 34 persen.

Deputy General Manager Sales Division AHM, Thomas Wijaya mengatakan kepraktisan berkendara pada skutik menjadi faktor utama yang mendorong masyarakat memilih model ini, selain desain dan fiturnya yang menarik.

"Pencapaian Honda pada kuartal I/2013 merupakan bukti nyata kepercayaan konsumen terhadap produk skutik Honda," katanya.

Penyumbang terbesar penjualan skutik Honda adalah BeAT Series dan Vario Series. AHM mampu meningkatkan penjualan Honda Vario series hingga 49,6 persen, dari 232.059 unit pada kuartal I 2012 menjadi 347.122 unit pada kuartal I tahun ini.

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

Honda BeAT series juga mengalami lonjakan pertumbuhan 44,3 persen dari 314.263 unit pada kuartal I/2012, menjadi 453.623 unit pada periode yang sama tahun ini.

Selain mendapatkan kontribusi signifikan dari Vario series dan BeAT series, kekokohan posisi Honda sebagai Raja Skutik juga diperkuat oleh model skutik lain seperti Honda Scoopy (41.499 unit), Honda Spacy series (27.660 unit), dan skutik premium Honda PCX (970 unit).

Di segmen sepeda motor bebek, AHM juga memperkuat posisinya sebagai Raja Motor Bebek dengan penguasaan pangsa pasar sebesar 60,3 persen. Angka ini diraih setelah menjual sebanyak 253.898 unit motor bebek, yang merupakan kontribusi dari Honda Revo series 91.291 unit, Honda Blade (43.170 unit), dan Honda Supra series (119.437 unit).

Selain mendominasi segmen skutik dan bebek, pada triwulan I 2013, AHM mempertahankan kepemimpinannya di pasar motor domestik. Pada periode ini, AHM mencatat penjualan sebesar 1.209.059 unit atau tumbuh 14 persen dibanding periode yang sama tahun lalu, yang hanya sebesar 1.063.695 unit.

Pertumbuhan penjualan motor Honda jauh melebihi pertumbuhan pasar nasional yang hanya tumbuh 2 persen dari 1.931.677 unit pada kuartal pertama 2012, menjadi 1.960.850 unit pada periode yang sama tahun ini. (umi)

Mobil Listrik Vinfast Pakai Sistem Sewa Baterai, Segini Biayanya
Aksi panggung Reza Artamevia dalam Soul Intimate Concert 2.0

Ajak Bernostalgia, Dewa 19 hingga Reza Artamevia Guncang Panggung Soul Intimate Concert 2.0

Dewa 19, Reza Artamevia dan Maliq & D'Essentials hibur penonton dengan deretan hits ngetop di panggung Soul Intimate Concert 2.0.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024