Xenia Hancur Dihajar Juke di Tol Kopo, Ini Penjelasan Daihatsu

Kecelakaan maut di Tol Kopo, Bandung itu menewaskan lima orang.

Senin, 8 April 2013, 17:33 Sandy Adam Mahaputra, Herdi Muhardi
Kecelakaan Xenia dan Juke
Kecelakaan Xenia dan Juke (facebook/TMC Polda Metro Jaya)
VIVAnews - Astra Daihatsu Motor (ADM) angkat bicara soal kecelakaan maut yang melibatkan Daihatsu Xenia dan Nissan Juke di ruas Tol Kopo KM 135+700, Bandung, Jawa Barat. Akibat insiden itu, lima orang meninggal dunia.

"Kita masih belum mengetahui apa penyebabnya. Karena kita juga belum melakukan investigasi, jadi belum bisa berkomentar banyak," kata Rio Sanggau, Head Domestic Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM), saat dihubungi VIVAnews, Senin 8 April 2013.

Diketahui, Daihatsu Xenia R 8181 NK mengalami kerusakan cukup parah saat kecelakaan. Hampir seluruh bagian bodi dan atapnya hancur. Lima dari enam orang di dalam mobil tewas di lokasi kejadian.

Rio menegaskan, Xenia sudah melalui uji keselamatan dan kelayakan sesuai standar yang diputuskan pemerintah dan juga global. "Semua mobil sebelum dijual ke pasar, harus sudah dilakukan pengecekan dan pengetesan oleh pihak ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) termasuk Daihatsu. Mulai dari pengetesan, kelayakan jalan, dan tipe," kata dia.

Dia menambahkan, Daihatsu bersedia dan masih menunggu pihak kepolisian jika diperlukan untuk ikut membantu melakukan penyelidikan kecelakaan tersebut.

"Jika polisi memanggil, kita siap bantu. Saat ini kita belum menerima surat resmi dari pihak kepolisian," kata Rio.

Kepolisian Bandung, Jawa Barat, terus mengusut kasus kecelakaan maut tersebut. Mereka masih menunggu keterangan pengemudi Juke Dwigustara Cahya (18) yang saat ini masih dirawat RS Bhayangkara Sartika Asih, Kota Bandung.

"Sambil menunggu keterangan pengemudi yang saat ini masih dirawat, kami memerlukan keterangan dari banyak ahli termasuk ATPM Nissan dan Daihatsu," kata Kasat Lantas Polres Bandung, AKP Luman Syarif saat dihubungi VIVAnews.

Polisi juga meminta bantuan Dinas Perhubungan untuk memeriksa ulang kelayakan kendaraan dan kemungkinan terlewatkan oleh polisi.

"Kami tidak mau gegabah memutuskan penyebab kecelakaan ini. Kami butuh masukan dari banyak pihak terkait. Kami ingin membuat kronologi kejadian yang jelas dan mengungkap sebab kecelakaan ini terjadi," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, Dwigustara diduga hilang kendali saat mengendarai Nissan Juke dengan nomor polisi AB 421 TA dan masuk ke jalur berlawanan. Di saat yang sama, ada mobil Daihatsu Xenia dengan nopol R 8181 NK yang melaju dari arah timur (Cileunyi) menuju arah barat (Bandung).  (eh)

Lihat foto-foto kecelakaan maut itu di sini.


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
g-class
08/04/2013
Mau dijelasin apalagi..mobil sobek kaya kertas gitu. udh jelas kualitasnya odong-odong. Mobil dg safety hampir tidak ada, cuma seat belt doang yg ada, body ringan dikasih mesin kencang dg torsi yg tinggi, bukannya dikasih limiter speed. Bener" deh
Balas   • Laporkan
vival
08/04/2013
disini sebutanya mobil kerupuk,,,yg lebih parah dari ini banyak..hahah..kalau kyk Helm ud gk lulus SNI..wkwkwkwk kemarin baru kejadian..mobilnya tinggal sebelah aja,,bagian depan juga rata..
Balas   • Laporkan
audiotherapy
08/04/2013
MUNGKIN SAKING KERASNYA BENTURAN JD HANCUR
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com