Etios-Yaris Kalah Laku dengan Brio-Jazz

Persaingan antara Toyota dan Honda makin memanas.

Kamis, 4 April 2013, 12:25 Sandy Adam Mahaputra
Toyota Etios Valco
Toyota Etios Valco (VIVAnews/Sandy Adam Mahaputra)
VIVAnews - Toyota Astra Motor punya ambisi baru menjadi 'raja' citycar nasional, dengan mobil anyar miliknya, Etios Valco. Namun, hal itu tidak akan mudah lantaran harus menghadapi lawan-lawan tangguh, salah satunya adalah Brio.

Berdasarkan data penjualan yang dirilis TAM, Etios Valco yang diluncurkan 11 Maret lalu, terserap pasar sebanyak 1.289 unit. Angka itu terbilang cukup memuaskan karena umur Etios belum genap sebulan.

Menurut Marketing Director PT Toyota Astra Motor, Joko Trisanyoto, tipe Etios yang banyak diminati konsumen adalah E (menengah) dan G (tertinggi). "Jika keduanya digabung kira-kira 90 persen dari total keseluruhan, sedangkan sisanya tipe J (terendah)--tanpa power steering," kata Joko kepada VIVAnews.

Meski begitu, Toyota Etios masih harus mengakui keunggulan Honda Brio yang mengemas penjualan sebanyak 2.843 unit pada Maret lalu. Brio yang juga berstatus pemain baru di segmen citycar, menjadi ancam serius bagi model lainnya seperti Picanto, March, Sirion, Mirage dan Splash.

Di tiga bulan terakhir 2013, Brio memimpin penjualan citycar nasional, meski di Januari lalu sempat kalah dengan KIA Picanto.

Persaingan sengit antara Toyota dan Honda juga tersaji di segmen hatchback. Terlebih, Yaris pada tahun lalu sukses mencuri gelar 'raja' hatchback dari Jazz.

Tapi di awal 2013, Jazz bangkit untuk membalikkan keadaan. Dimulai pada Januari lalu, Jazz terlego 2.337 unit, sedangkan Yaris 1.529 unit. Satu bulan berikutnya, Jazz kembali unggul dengan 2.999 unit, adapun Yaris terlego 1.843 unit.

Pada bulan lalu, Yaris kembali tak mampu mengalahkan Jazz. Tercatat Yaris hanya terserap pasar sebanyak 2.258 unit, dan Jazz terjual 3.668 unit. (umi)


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com