Ducati Racik Motor Terkencang Sejagat

Motor ini diklaim bisa berlari hingga 400 km/jam dalam 7,26 detik.

Senin, 1 April 2013, 14:39 Sandy Adam Mahaputra
Model berpose di samping Ducati Streetfighter 848
Model berpose di samping Ducati Streetfighter 848 (VIVAnews/Ikhwan Yanuar)
VIVAnews - Sebagai produsen mobil terbesar di dunia, Volkswagen (VW) dikenal ambisinya yang besar. Salah satunya, saat mereka memutuskan membeli Bugatti pada 1998.

Begitu merek itu dicaplok, VW langsung mengumumkan membuat mobil berdaya 1.000 tenaga kuda dengan kecepatan mencapai 400 km/jam. Meski kencang, mobil itu tetap menawarkan kemewahan absolut bagi pemiliknya.

Tak berhenti sampai di situ. Setelah berhasil membeli Ducati, mereka kembali mengusung ambisi besar membuat sepeda motor tercepat sejagat tahun ini.

Dilansir Motorbeam, Senin 1 April 2013, mereka ingin melewati rekor kecepatan tertinggi sepeda motor milik MTT Y2k. Motor yang diklaim terekstrem dalam sejarah manusia ini bakal berlabel Ducati.

Motor yang masih disebut dengan kode 2WV (2-Wheeled Veyron) merupakan penggabungan teknologi milik Audi, Lamborghini, Bugatti, dan Volkswagen.

Ducati 2WV dibekali mesin 3.0 liter yang dipadukan dengan iV4 (mesin segaris 4 silinder pada model V) Desmosedici Hybrid, twin turbo dengan delapan busi, dan sistem pendingin besar di bawah lampu depan.

Mesin yang menghasilkan 501 Bhp dan torsi 750 Nm itu dikawinkan dengan gearbox otomatis 10 kecepatan. Dengan tenaga sangat besar, motor ini dibekali sistem anti wheelie --pembagian tenaga terjadi pada kedua roda dengan rasio kombinasi 35:65.

Mesin konvensional menggerakkan roda belakang, sedangkan mesin hybrid diplot untuk roda depan. Ini adalah motor pertama yang mengadopsi penggerak all-wheel drive.
 
Motor ini bisa berlari hingga 400 km/jam dalam tempo 7,26 detik. Mereka mengklaim kerja mesin masih bisa mencapai 450 km/jam.

Untuk pengereman juga tak kalah ekstrem, mulai disc brake berukuran sangat besar pada roda depan dan belakang, BS, EBD, intelligent emergency braking, cornering brake control, dan panic braking control. Kemudian, fitur lainnya adalah TCS, dynamic stability control, electronic traction control, dan adaptive damping air suspension.
 
Sayangnya, motor ini tidak akan diproduksi massal. Mereka hanya menjual 36 unit. Dengan spesifikasi "bengis" seperti itu, pantas saja kalau Suzuki Hayabusa, Dodge Tomahawk, dan MTT Y2k waspada. (art)


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com