OTOMOTIF

Kia Rio Sedan Sudah Bisa Dipesan

"Kami buka harga (booking fee) sekitar Rp5 jutaan."
Selasa, 26 Maret 2013
Oleh : Mohammad Adam, Herdi Muhardi
KIA Rio

VIVAnews - Demi meningkatkan penjualan di pasar mobil nasional, PT Kia Mobil Indonesia (KMI) siap menghadirkan beberapa produknya, termasuk varian sedan yang diambil dari basis model hatchback Kia Rio.

Meski pasar sedan sedang menurun, KMI tetap akan meluncurkan Kia Rio. Bahkan, menurut Manajer Komunikasi Pemasaran KMI Ridjal Mulyadi, Kia Rio jenis sedan ini bisa dipesan apabila banyak konsumen yang berminat.

"Jika ada yang memesan (booking fee), kami sudah buka dengan harga sekitar Rp5 jutaan," ujar Ridjal kepada VIVAnews di Bandung, Jawa Barat, Selasa 26 Maret 2013.

Meski berasal dari platform Rio hatcback, Ridzal menambahkan, Rio sedan tetap akan diberi perbedaan pada fitur dan spesifikasi mesin.

Apakah harga akan berbeda dengan Rio hatcback? "Tentunya berbeda, tapi itu tergantung. Karena saat ini kami masih mengkalkulasi dulu. Pasti akan beda, namun kami tidak bisa menghitungnya dari awal," kata Ridjal.

"Kalau semuanya sudah ditentukan, kami akan coba datangkan unit tersebut," tambahnya.

Ridjal menjelaskan, Kia Rio (hatchback) saat ini mengusung mesin Gamma 1.400 cc dengan kekuatan maksimal 107 ps pada 6.300 rpm dan torsi maksimal sebesar 13.8 kg.m pada 4.200 rpm.

Mobil yang dirancang untuk menyaingi Honda Jazz, Ford Fiesta, Mazda2, Toyota Yaris, dan Hyundai Grand Avega ini juga dilengkapi transmisi manual 4-speed atau otomatis 6-speed (pertama dikelasnya) dan mampu mengkonsumsi bahan bakar dengan rata-rata 14-18 km/liter serta emisi CO2 125-167 gr/km.

Sedangkan untuk Rio sedan, nanti bakal dilengkapi pemutar CD/MP3, radio, koneksi Aux, iPod, Bluetooth, USB, serta empat speaker. Selain itu unsur keamanan, dan kenyaman juga tentu akan disematkan.

Gempuran Mobil Jepang

Meski perusahaan mobil Jepang terus melakukan invasi dengan membanjiri berbagai produknya di Tanah Air, Kia yang merupakan produsen mobil asal Korea Selatan ini mengaku tetap yakin bahwa produk-produk andalannya tak akan kalah bersaing dengan strategi pemasaran yang baik.

"Kami tetap optimis, semua punya segmen masing-masing, dan diharapkan keberadaan kami dapat mengembangkan pasar yang ada," kata Ridjal.

Menurutnya, dengan kehadiran berbagai mobil Kia yang ada, hal itu dapat memperluas pangsa pasar dalam persaingan produk sejenis.

"Bukan akan mengecil atau menjadi persaingan tidak sehat, tapi ini akan menjadi persaingan yang tetap sehat," kata Ridjal. (umi)

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found