Menjajal Ban Baru Bridgestone, Buat Off Road & Aspal

Mencoba ban Dueler Mud Tirren (M/T) 674
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi
VIVAnews
SBY Absen di Acara Open House Jokowi, AHY Ungkap Alasannya
- Bridgestone Tire Indonesia (BSI) baru saja meluncurkan ban anyar Dueler Mud Tirren (M/T) 674. Mereka mengklaim ban itu mampu melintasi medan off road maupun jalur aspal perkotaan.

Salat Id di Masjid Agung Al-Azhar, JK Ngaku Senang Lebaran Kali Ini Ramai

Untuk membuktikan hal itu,
Cerita Warga Hadiri Open House Jokowi: Motoran ke Istana dari Jam 1 Pagi, dan Boyong Sekeluarga
VIVAnews diberi kesempatan menjajal langsung kemampuan dan performa Dueler M/T 674 di Proving Ground Bridgestone, Karawang, Jawa Barat.

BSI yang memang memiliki lintasan aspal, juga membuat trek off road
dadakan penuh kubangan, dan tanah berlumpur.


BSI menyediakan dua unit Mitsubishi Strada Triton untuk medan
off road
, dan dua unit Mitsubishi Pajero untuk lintasan
on road
. Kedua tipe mobil ini menggunakan ban berukuran 265/75 R16. Demikian pula dengan kompetitor, kedua mobil itu disematkan ban berukuran sama.


Sebelum merasakan menjadi pengemudi, terlebih dulu merasakan bagaimana duduk sebagai penumpang di lintasan
off road
. Hasilnya, menggunakan ban Dueler M/T 674 tidak terlalu mengoyak perut karena mobil tak terlalu banyak goyangan (tergantung cara mengemudi), serta minim tergelincir.


Kemudian
VIVAnews
mencoba menjadi pengemudi. Hasilnya, daya cengkaram dari telapak ban itu bekerja dengan baik. Meski kerap membanting stir dan menancap gas, mobil terasa masih mudah diatur sesuai keinginan. Selain itu memang minim tergelincir.


"Kita sudah studi selama dua tahun di lintasan berlumpur seperti ini, hasilnya saya akui ban ini lebih bisa diandalkan," kata Zulpata Zainal, Proving Ground Manager Bridgestone, yang juga menjadi instruktur di jalur off road.


Lain halnya dengan kompetitor, saat
VIVAnews
menjadi pengemudi di jalur
off road
, mobil seperti liar, meski di jalur yang sama namun untuk mengendalikan mobil terasa sulit diatur. Padahal sudah menggunakan sistem 4x4.


Beralih ke jalur
on road
dengan menggunakan Mitsubishi Pajero.
VIVAnews
langsung mencoba menjadi pengemudi merek ban kompetitor. Setelah itu, lanjut dengan mengemudi menggunakan ban Dueler M/T 674.


Kesimpulan di jalur
on road
, sangat terasa saat berada di jalur aspal yang konturnya tidak rata alias bergelombang, serta ditambah bebatuan krikil. Ban kompetitor terasa guncangan sementara Dueler M/T 674 tidak.


Selain itu, pada lintasan lurus, dengan pedal gas di angkat agar melaju sendiri. Merek kompetitor, suara ban terasa masuk ke dalam kabin lebih jelas, sementara Dueler M/T 674 lebih sedikit.


Hasilnya, menurut
VIVAnews
, dengan menggunakan Dueler M/T 674, daya cengkaram terasa lebih baik di medan off road. Itu berkat desain telapak berteknologi 3D.


Selain memberikan traksi yang superior, desain itu dapat mengurangi keausan pada ban. BSI menjual  Dueler M/T 674 mulai dari Rp1 juta dengan ukuran ring 14, sampai Rp2 juta untuk ring 17.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya