Memilih Sedan Medium

Geneva Auto Show 2012
Sumber :
  • REUTERS/ Denis Balibouse
VIVAnews
Kepala Hak Asasi Manusia PBB Kutuk Serangan Terbaru Israel ke Gaza
- Meski telah muncul lama, Honda telah membuat perubahan besar pada Civic 2012. Tak cuma dari desain yang terlihat ramping dan elegan, tapi juga penuh teknologi.

Mitsubishi Pamer Mobil Compact SUV Baru

Masalahnya Civic generasi kesembilan ini harus menghadapi persaingan sengit dari sedan kompak baru di kisaran harga Rp300-400 juta ini. Lihat saja, Ford Focus edisi terbaru, sedan sekelas Civic ini menawarkan berbagai kelebihan, baik mesin maupun teknologi.
Ditangkap Pakai Ganja Bareng Chandrika Chika, Jeixy Dipastikan Bukan Atlet e-Sports Lagi


Memang, untuk mencari elegan, desain ulang Civic itu bagus. Desain yang tak hanya untuk kalangan pria mapan, tapi juga perempuan.

Civic tak cuma melakukan evolusi, tapi juga revolusi. Model generasi lama adalah licin, namun pada generasi baru terlihat lebih memiliki otot, memberi kesan mobil ini terlihat lebih matang.


Salah satu fitur yang cukup menggoda adalah ECON Mode, yaitu sebuah teknologi pintar untuk mengubah sistem pengendaraan yang memaksimalkan efisiensi bahan bakar hingga 20 persen --tergantung dari kondisi jalan maupun cara berkendara.


Beberapa fitur yang dihadirkan All New Honda Civic antara lain Advanced Multiplex Meter with i-MID (
intelligent-Multi Information Display
) yang dilengkapi layar 5 inc agar bisa dipantau untuk memberikan berbagai informasi seperti konsumsi BBM, audio, sistem keamanan kendaraan, hingga wallpaper, dan fungsi tersebut dapat di kendalikan langsung dari roda kemudi melalui Steering Wheel-Mounted Controls.


Indikator pada
head-unit
membantu Anda mencapai tingkat efisiensi bahan bakar. Layar akan berwarna hijau jika cara berkendara Anda sudah sesuai hemat bahan bakar.


Beberapa fitur menarik yang sayang dilewatkan, yakni i-MID. Anda bisa menampilkan foto sebagai wallpaper di
head unit
sambil mendengarkan musik dengan satu sentuhan di lingkar kemudi.


Kemampuan
handling
sedan lima penumpang ini ketika diajak zig-zag sangat mumpuni, meski digeber hingga 140 km/jam. Ayunan suspensi yang empuk dan kombinasi pelek 16 inci membuat perjalanan semakin minim dari guncangan dalam kondisi jalan rusak sekali pun.


Persaingan sengit
Sayangnya mobil 2 liter dengan bandrol Rp400 juta di Indonesia memiliki pesaing sengit. Ford misalnya, telah mengeluarkan yang memiliki sederet fitur canggih, salah satunya bisa parkir sendiri.


Focus sudah dilengkapi lampu pintar yang menyala dengan intensitas cahaya sesuai kebutuhan. Jadi, jangan kaget ketika mobil memasuki kawasan mini cahaya atau kondisi hujan, sensor komputer akan memerintahkan lampu memancarkan sinar sesuai kondisi.


Soal kunci, Civic dan Focus memiliki kunci remote otomoatis yang apabila Anda mendekat, handle pintu langsung terbuka, tanpa memencet remote. Anda pun bisa langsung menyalakan mobil dengan memencet tombol start engine. Intinya, fitur ini memungkinkan anak kunci Anda selalu di dalam kantong.


Dari
dashboard,
Civic terlihat kuno jika dibandingkan dengan Focus yang sudah mengadopsi banyak tombol. Focus juga dilengkapi audio LCD 8-inci dengan 10 speaker.


Selain Focus, pertempuran pasar sedan medium juga diramaikan penguasa lama, dan . Sedangkan pendatang baru . Jadi, Anda pilih yang mana?
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya