Intip Pabrik Mobil Toyota Rp135 Juta "Made In" Karawang

Perakitan mobil Toyota Etios di Karawang
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVAnews - Toyota Astra Motor (TAM) mempunyai ambisi besar mengambil pangsa pasar city car nasional, dengan model terbarunya yaitu Etios Valco.
Toyota memang telat bermain di segmen ini, karena kompetitor lebih dulu menikmati keuntungan.

Terpopuler: Pengakuan Shin Tae-yong ke Ernando, Kata Pelatih Australia Usai Dihajar Timnas Indonesia

"Segmen city car sangat besar dan terus meningkat. Sayang kalau pangsa pasarnya hanya dinikmati kompetitor," ujar Presiden Direktur TAM Johnny Darmawan kepada VIVAnews di Jakarta.

Sadar yang dihadapi merupakan rival tangguh, Toyota langsung pasang strategi khusus pada Etios. Model ini diplot untuk menyasar konsumen menengah ke bawah, dimana versi termurah dibanderol Rp135,5 juta.

Untuk lebih mudahkan mensuplai konsumen dan menekan harga, Etios diproduksi di pabrik baru kedua PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dengan luas tanah 11 hektare di kawasan perindustrian Karawang, Jawa Barat.

Menurut President Director TMMIN, Masahiro Nonami, pabrik yang mulai dibangun pada 2011 itu merupakan investasi Toyota dalam jangka panjang dan menghabiskan dana sebesar Rp13 triliun. Pabrik ini diklaimnya, dapat meningkatkan lapangan kerja hingga 41 ribu pada lima tahun mendatang.

"Peresmian pabrik kedua ini merupakan bukti komitmen investasi Toyota di Indonesia. Penambahan pabrik ini dapat meningkatkan produksi Toyota dari 180 ribu unit per tahun menjadi 250 ribu unit pada 2014 mendatang," kata Masahiro saat peresmian pabrik itu, Jumat kemarin.

Saat ini, pabrik kedua tersebut dipergunakan untuk memproduksi model Etios Valco. Ia menegaskan bahwa pabrik itu didukung dengan peralatan teknologi canggih. "Pabrik ini juga membuka learning center, di mana kami akan mengembangkan SDM berkulaitas," tambah Masahiro.

Untuk saat ini, TMMIN menargetkan kapasitas produksi Etios Valco mencapai 2.000 unit per bulan. Bahkan, jika telah memenuhi pasar domestik, mobil pesaing Brio, March, serta Mirage ini produksinya akan ditingkatkan menjadi 4.000-5.000 unit per bulan untuk ekspor ke berbagai negara.

Saat ini, mobil lima penumpang tersebut telah mengandung 55 persen komponen lokal. "Target komponen lokal Etios rencana sampai 80 persen. Untuk tahapannya tergantung pasar dan suplier, karena itu dengan adanya angka 80 persen, jadi harus ada yang dilokalisasi," kata Johnny.

Diketahui, Toyota Etios Valco tipe J (termurah) dilepas Rp135,5 juta, tipe E (menengah) Rp149,9 juta, dan tipe G (termahal) Rp161,6 juta. Semua harga berstatus on the road Jabodetabek.  (asp)

Waspada! Buaya Masih Berkeliaran di Kolam Ikan Milik Warga Medan Labuhan

Perakitan mobil Toyota Etios di Karawang.

Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

Detik-detik Pelaku Dugaan Pelecehan Seksual Anak di Bawah Umur Diamuk Massa

Saat hendak diamankan, massa yang geram sempat menghakimi pelaku berulang kali hingga babak belur. Bahkan polisi sempat dibuat kewalahan dengan banyaknay massa.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024