Toyota Jadikan Indonesia Basis Produksi Etios

Perakitan mobil Toyota Etios di Karawang.
Sumber :
  • Herdi Muhardi
VIVAnews -
Kereta Cepat Whoosh Dikabarkan Mengalami Kebocoran, KCIC Buka Suara
Raksasa otomotif asal Jepang, Toyota Motor Corporation, menunjuk Indonesia sebagai salah satu basis produksi mobil murah Toyota, Etios Valco, di pabrik baru yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat.

Detik-detik Serangan Rudal Israel Tewaskan 3 Anak dan Cucu Pentolan Hamas Ismail Haniyeh

Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Masahiro Nonami, menjelaskan pabrik kedua Toyota di Indonesia ini memiliki luasĀ  11 hektar dan menghabiskan dana sebesar Rp13 triliun. Pabrik ini mampu membuka 41.000 lapangan pekerjaan pada lima tahun mendatang.
Pejabat RI Terkaya Versi LHKPN Koleksi Mobil Mewahnya Bikin Ngiler, Rolls-Royce hingga Bentley


"Dengan penambahan ini dapat meningkatkan produksi Toyota dari 180 ribu unit per tahun menjadi 250 ribu unit pada 2014 mendatang," kata Masahiro, saat peresmian paabrik di Karawang International industrial City Karawang, Jawa Barat, Jumat 15 Maret 2013.


Ia menjelaskan pabrik baru ini secara resmi dipergunakan untuk memproduksi Toyota Etios Valco. Ia pun berharap pabrik ini akan menjadi pabrik berteknologi maju. "Pabrik ini juga membuka learning center dimanan kami akan mengembangkan SDM berkulaitas," kata Masahiro.


Toyota menargetkan kapasitas produksi Etios Valco mencapai 2 ribu unit per bulan. Jika telah memenuhi pasar domestik, Toyota berencana meningkatkan produksi mobil pesaing Honda Brio, Nissan March, serta Mirage ini menjadi 4.000-5.000 unit perbulan dan akan di ekspor ke berbagai negara.


Kepala Regional Asia dan Oceania Toyota Motor Corporation, Takahiro Iwase, menjelaskan alasan pemilihan Indonesia sebagai pabrik baru Toyota adalah perekonomian Indonesia yang tumbuh kuat. Toyota fokus untuk menargetkan pemasarannya di wilayah Asia, terutama ASEAN.


Presiden Direktur Toyota Astra Motor, Johnny Darmawan, menjelaskan diproduksinya Toyota Etios Valco di Indonesia diharapkan dapat meningkatkan penjualan karena harganya dapat lebih murah. Saat ini, mobil lima penumpang tersebut telah mengandung 55 persen komponen lokal.


"Target komponen lokal Etios rencana sampai 80 persen. Untuk tahapannya tergantung pasar dan suplier, karena itu dengan adanya angka 80 persen, jadi harus ada yang dilokalisasi," kata Johnny.


Saat ini telah ada 100 suplier yang memasok suku cadang untuk Etios dan akan diperbesar. Toyota ingin para pelaku UKM dapat menikmati kehadiran Toyota di Indonesia.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya