Agar Tambah Laku, KIA Sodorkan Tipe Baru Sportage

All New Sportage EX
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Mahaputra
VIVAnews
Kunjungan ke Luar Negeri, Prabowo Subianto Akan ke China dan Bertemu Xi Jinping
- KIA Mobil Indonesia menambah varian baru pada
line-up
Health Minister Ensures Hospitals Ready to Handle Dengue Patients
SUV ( Sport Utility Vehicle
Respons Nagita Slavina Saat Tyas Mirasih Ingin Jual Tas demi Biaya Pengobatan
) miliknya, yaitu All New Sportage EX. Mobil ini hadir dengan fitur Panoramic Sunroof yang sebelumnya hanya ada di Sportage Platinum --tipe termewah.

Dari segi desain memang tidak ada perbedaan dibandingkan tipe standar LX dan platinum. Tipe EX hadir dengan penambahan fitur seperti
panoramic sunroof
,
escort
, dan
welcome lamp
, DVD
touch screen
, serta enam buah speaker,
velg alloy whell
18 inci,
dual airbag
,
parking sensor
, dan ABS (
anti-lock braking system
). Fitur-fitur ini tidak dimiliki tipe LX (standar).


"Dengan adanya fitur
panoramic sunroof
di All New Sportage EX, membuat mobil SUV ini makin
modern
dan
stylish
," kata Direktur Pemasaran KIA Mobil Indonesia, Hartanto Sukmono, saat peluncuran All New Sportage EX di Jakarta, Kamis 14 Maret 2012.


Menurut dia, alasan KIA menambah tipe baru Sportage karena pertumbuhan pasar SUV nasional terus meningkat. "Dari total penjualan mobil di Tanah Air sebanyak 1 juta unit pada tahun lalu, segmen SUV masuk dalam tipe mobil paling diminati konsumen," kata Hartanto.


Sportage menjadi penyumbang ketiga total penjualan KIA. Tahun lalu, mobil ini terjual sebanyak 1.634 unit. Jumlah itu meningkat 44 persen dibandingkan 2011 yang mencapai 505 unit. Adapun total penjualan SUV nasional menembus 32.462 unit pada 2012, sedangkan tahun sebelumnya 22.040 unit.


Selain desain, mesin Sportage EX juga tidak ada perbedaan dari tipe standar. Mobil berdimensi panjang 4.440 mm, lebar 1.855 mm, dan tinggi 1.635 mm itu masih mengandalkan mesin Theta II 2.0 liter DOHC, Dual CVVT yang menghasilkan daya maksimum 166 PS pada 6.200 RPM dan torsi puncak 20,1 kg/m pada 4.600 RPM.


All New Sportage EX yang dibanderol Rp321 juta hanya memiliki pilihan transmisi otomatis. Sebagai pembanding, Sportage LX tipe standar (manual) dilepas Rp270,5 juta, sedangkan versi matik Rp286,5 juta. Adapun untuk tipe termewah (Sportage Platinum) dihargai Rp359,5 juta. Semua harga berstatus On The Road Jakarta.


"Dengan adanya pilihan tipe dan harga pada Sportage, konsumen jadi banyak pilihan sesuai kebutuhan," kata Hartanto.


Sekadar informasi, KIA Sportage berhadapan dengan Honda CR-V, Nissan X-Trail, Mitsubishi Outlander, Mazda CX-5, dan Suzuki Grand Vitara. Sportage memiliki keunggulan dalam hal dimensi lebar dibandingkan lima kompetitornya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya